get app
inews
Aa Read Next : Sosok Ade Wardhana Serius Bertarung di Pilbup Bogor 2024 Bawa Semangat Perubahan

Implementasikan P5 dan IKM, SMANTIC Kabupaten Bogor Gelar Exiters serta Gliters

Rabu, 20 Desember 2023 | 14:56 WIB
header img
Implementasikan P5 dan IKM, SMANTIC Kabupaten Bogor Gelar Exiters serta Gliters. (Foto : Istimewa)

 BOGOR, iNewsBogor.id - Ratusan siswa SMAN 3 Cibinong (SMANTIC) menggelar Kegiatan Exiters (Exhibition P5 and Gliters) 2023, sebagai implementasi bentuk kegiatan kolaborasi antara panen karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Selasa, (19/12/2023).

Winda Yulinda,S.S.,M.Pd selaku Ketua Panitia Exiters menjelaskan, dengan mengusung tema “Be an Excellent, Creative, innovative, critical thinking, lifelong learner through P5 and School Literacy Movement. (Jadilah Peserta didik yang unggul, kreatif, inovatif, bernalar kritis, dan pelajar sepanjang hayat melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan gerakan literasi SMANTIC)”, pihak sekolah ingin membentuk karakter siswa yang tangguh dan unggul disegala bidang.

“Tujuan Kegiatan Exiters ini adalah untuk menyalurkan bakat, kreatifitas, peserta didik yang tertuang dalam karya-karya projek penguatan profil pelajar Pancasila tema gaya hidup berkelanjutan, kearifan lokal, berekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI serta suara demokrasi,” ungkap Winda kepada awak media, Selasa, 19 Desember 2023


Nampak para siswa SMANTIC tengah unjuk kebolehan di ajang exiters. (Foto : Istimewa)

 

Dia mengatakan, siswa mulai dari kelas X hingga XII diberikan tema dan konsep yang berbeda-beda. Dimana untuk kelas X mengambil tema gaya hidup berkelanjutan dan bangunlah jiwa dan raga, Kelas XI kearifan lokal dan Kelas XII tema rekayasa dan berteknologi untuk membangun NKRI.

“Jadi di ajang Exiters ini ditampilkan Panen karya produk Propela. Ada juga Poster dan video drama dari kelas X, untuk kelas XI menampilkan drama dengan mengangkat kultur budaya adat Sunda. Sementara untuk kelas XII ada animasi pembelajaran dan parade orasi suara demokrasi. Lalu kemudian pentas karya seni dari semua tingkatan kelas di sekolah kami,” katanya.

Winda pun melanjutkan, selain kegiatan P5. SMANTIC juga menggelar Gerakan Literasi Sekolah (Gliters) yang menjadi implementasi kurikulum merdeka (IKM). “Untuk kegiatan Gliters diadakan lomba Pemilihan Duta Literasi (Peduli) dan Pokok Baca (Pokca) yang memang menjadi program tahunan dari SMANTIC,” lanjutnya.

Sementara itu, Wakil Kepala SMANTIC bidang Kesiswaan, Iwan Kuswandi menilai, Exiters merupakan program unggulan Smantic setelah menggunakan kurikulum merdeka yang telah dilaksanakan dua kali yaitu pada tahun 2022 dan 2023.


Kepala SMANTIC Winda Yulinda dan jajaran tengah menikmati pertunjukan para siswa. (Foto : Istimewa)
 
 
Tujuan diadakannya Exiters itu sendiri menurut Iwan Kuswandi sebagai upaya pihak sekolah dalam menumbuhkembangkan siswa untuk berkembang dan lebih mandiri.

“Sehingga ketika peserta didik di sekolah kami ketika terjun ke lingkungan masyarakat, sudah bisa berkarya dan berekspresi, dalam bentuk produk yang bisa memberikan manfaat yang sangat besar pada warga sekolah pada khususnya dan masyarakat pada umumnya,” tutur Iwan.

Iwan pun berharap, agar kegiatan Exiters selalu dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya untuk memotivasi dan mendorong peserta didik dalam berkarya.


Panggung terbuka persembahan siswa SMANTIC dalam kegiatan exiters. (Foto : Istimewa)
 
 
“Dan ternyata, murid-murid SMANTIC itu luar biasa kreatif dan melampaui ekspektasi gurunya karena telah menghasilkan banyak sekali karya-karya yang inovatif. Karena bisa menciptakan produk-produk P5 secara orisinil,” imbuhnya. 

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut