get app
inews
Aa Read Next : Kalemdiklat Polri Minta Anggota Polisi Melek Teknologi Untuk Tegakkan Hukum

Anggota DPR Dorong Pemerintah Vaksinasi Sesuai WHO Menyusul Temuan KLB Polio

Jum'at, 19 Januari 2024 | 09:32 WIB
header img
Anggota DPR mendorong pemerintah segera lakukan vaksinasi sesuai WHO untuk kasus luar biasa polio pada anak. (Foto: ugm.ac.id).

JAKARTA, iNewsBogor.id - Anggota Komisi IX DPR RI, Netty Prasetiyani Aher, menyoroti pentingnya perhatian terhadap temuan kasus luar biasa (KLB) polio di beberapa daerah. Menurutnya, ini adalah tantangan baru bagi sistem kesehatan Indonesia.

“Meskipun Indonesia telah mendapatkan sertifikat bebas polio sejak 2014, kita harus tetap waspada. Salah satu indikator yang perlu diperhatikan adalah penurunan cakupan imunisasi balita,” ungkap Netty, Jumat (19/1/2024).

Ia menambahkan, berdasarkan data Kemenkes, terjadi penurunan cakupan vaksin polio, baik OPV maupun IPV dalam 2 tahun terakhir.

Pada 2020, cakupan vaksinasi OPV mencapai 86,8 persen, namun menurun menjadi 80,2 persen pada tahun 2021. Bahkan, beberapa daerah memiliki cakupan vaksinasi kurang dari 50 persen sejak tahun 2020.

Netty menjelaskan, pandemi Covid-19 telah mengganggu kegiatan imunisasi untuk anak dan balita, termasuk kegiatan Posyandu.

"Pemerintah perlu menyiapkan langkah antisipasi untuk mencegah penurunan cakupan imunisasi," kata Netty.

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut