get app
inews
Aa Read Next : Berikut Panduan Minum Obat yang Tepat Saat Bulan Puasa

Inspirasi Kegembiraan Islami: 10 Ide Permainan Seru untuk Pesantren Kilat

Sabtu, 30 Maret 2024 | 09:35 WIB
header img
Suasana pesantren Azzikra. (Foto: Ravie Wardani)

BOGOR, iNewsBogor.id - Pesantren kilat telah menjadi bagian penting dalam budaya keagamaan di berbagai komunitas Muslim. Selain meningkatkan pemahaman tentang ajaran Islam, pesantren kilat juga berperan dalam mempererat hubungan sosial dan kebersamaan di antara peserta.

Pesantren kilat adalah program pendidikan agama Islam yang berlangsung dalam waktu singkat, biasanya beberapa hari hingga satu minggu. Acara ini sering diadakan di masjid, madrasah, atau tempat lain yang menjadi pusat kegiatan keagamaan.

Tujuan utamanya adalah memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang ajaran Islam dan praktik-praktik keagamaan kepada peserta dalam waktu terbatas. Pesantren kilat menyelenggarakan berbagai kegiatan yang dirancang untuk mencapai tujuan tersebut.

Berikut adalah 10 ide permainan seru yang bisa menambah semangat dan keceriaan di pesantren kilat:

  1. Balap Karung Keagamaan: Peserta dibagi menjadi tim dan berlomba dalam balap karung dengan menghadapi tantangan yang berhubungan dengan ajaran Islam, seperti menghafal surat pendek Al-Qur'an atau menjawab pertanyaan sejarah Nabi Muhammad.

  2. Lomba Mendalami Ayat: Peserta diberikan sejumlah ayat Al-Qur'an yang perlu mereka pahami maknanya dengan benar. Tim yang bisa menjelaskan makna ayat dengan tepat adalah pemenangnya.

  3. Teater Islami: Tiap tim mempersiapkan sebuah drama pendek yang mengangkat nilai-nilai Islami. Setelah persiapan, mereka tampil di depan semua peserta dan dewan juri untuk dinilai.

    Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut