get app
inews
Aa Read Next : Inspirasi Kegembiraan Islami: 10 Ide Permainan Seru untuk Pesantren Kilat

Malam Lailatul Qadar Pintu Keberkahan yang Misterius di Bulan Ramadan

Senin, 01 April 2024 | 00:11 WIB
header img
Malam Lailatul Qadar. Ilustrasi/Sindonews

BOGOR, iNewsBogor.id - Lailatul Qadar, dikenal juga sebagai malam kemuliaan, adalah momen yang sangat istimewa dalam agama Islam. Secara harfiah, Lailatul Qadar berarti malam kekuatan atau malam ketetapan. Malam yang terjadi di bulan Ramadan, pada rentang tanggal 21 hingga 29, namun tanggal pastinya tetap menjadi misteri bagi banyak orang.

Lailatul Qadar dipercayai sebagai malam di mana Allah menetapkan turunnya Al Quran, serta memberikan berbagai keberkahan, ampunan, dan rahmat. Para malaikat juga turun ke bumi pada malam ini, membawa pesan pesan ilahi yang memancarkan kemuliaan dan keberkahan.

Keistimewaan malam ini memotivasi umat Islam untuk berlomba lomba dalam ibadah serta memohon ampunan dan keberkahan kepada Allah Swt.

Dengan berbagai keberkahan dan ampunan yang terkait dengan malam ini, umat Muslim dianjurkan untuk meningkatkan ibadah, berdoa, dan melakukan amal saleh. Meskipun tanggal pasti Lailatul Qadar tidak diketahui, namun berdoa dan beribadah di malam malam terakhir bulan Ramadan merupakan praktik yang sangat dianjurkan dalam Islam.

Dalam Al Quran, Lailatul Qadar secara khusus disebutkan dalam Surah Al Qadr dan juga disebut dalam Surah Ad Dukhan ayat 3 sebagai Lailatul Mubarakah. Kedua surah tersebut memberikan penghargaan khusus kepada malam tersebut sebagai malam yang penuh kemuliaan dan keberkahan.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut