get app
inews
Aa Read Next : Megawati dan Prabowo Rencanakan Pertemuan Silaturahmi Lebaran

Tradisi Lebaran di Indonesia: Merayakan Kemenangan dan Kebersamaan

Minggu, 07 April 2024 | 19:56 WIB
header img
Tradisi Lebaran di Indonesia. Foto: iNews.id

BOGOR, iNewsBogor.id - Lebaran, atau Idul Fitri, merupakan hari raya yang sangat dinanti-nantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Merupakan momen penuh suka cita yang menandai berakhirnya bulan Ramadan, bulan suci puasa bagi umat Islam.

Tradisi Lebaran di Indonesia tidak hanya mencakup aspek keagamaan, tetapi juga kental dengan unsur budaya dan tradisi yang khas.

Mudik dan Silaturahmi:

Tradisi utama Lebaran di Indonesia adalah "mudik" atau pulang kampung. Banyak orang yang tinggal di kota-kota besar akan kembali ke kampung halaman mereka untuk merayakan Lebaran bersama keluarga. Mudik ini tidak hanya sekadar perjalanan, tetapi juga momen berkumpul bersama keluarga yang penuh kebahagiaan. Selain mudik, tradisi silaturahmi juga sangat penting, di mana orang-orang akan mengunjungi kerabat dan tetangga untuk bertukar ucapan selamat Lebaran.

Berkurban dan Berbagi:

Salah satu aspek penting dari Lebaran adalah berkurban, di mana umat Muslim yang mampu akan menyembelih hewan kurban seperti sapi, kambing, atau domba, dan membagikannya kepada yang membutuhkan. Berkurban ini menjadi simbol kepedulian dan kebersamaan dalam berbagi rezeki kepada sesama.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut