get app
inews
Aa Read Next : Ahok Tunggu Hasil Rakernas PDIP soal Peluang Maju Pilkada Sumut

PDIP Bahas Posisi Partai terhadap Pemerintahan Prabowo-Gibran di Rakernas V

Kamis, 16 Mei 2024 | 18:57 WIB
header img
Ketua DPP PDIP Djarot Syaiful Hidayat mengungkapkan Rakernas V PDIP diadakan ditengah kegelapan demokrasi. Foto/MPI/giffar rivana

JAKARTA, iNewsBogor.id - PDIP akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V pada 24-26 Mei 2024 di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta. Rapat ini akan membahas agenda utama mengenai sikap dan posisi partai terhadap pemerintahan Prabowo-Gibran.

Ketua Steering Committee (SC) Rakernas V PDIP, Djarot Saiful Hidayat, menjelaskan bahwa Rakernas kali ini akan terdiri dari forum terbuka dan tertutup. Pembukaan Rakernas akan berlangsung secara terbuka.

"Nanti ada beberapa forum yang akan dilakukan, baik itu paparan dari Ketua DPP, maupun pengarahan tertutup dari Ibu Ketua Umum (Megawati Soekarnoputri)," kata Djarot saat konferensi pers persiapan Rakernas V PDIP di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta, Kamis (16/5/2024).

Djarot, yang juga menjabat sebagai Ketua DPP PDI Perjuangan bidang Ideologi dan Kaderisasi, menyatakan bahwa Rakernas V akan membahas tiga topik utama yang dibagi dalam beberapa klaster.

Klaster pertama akan fokus pada sikap dan posisi partai berlambang banteng moncong putih terhadap pemerintahan mendatang. "Pertama akan ada klaster atau kelompok satu yang akan membahas tentang sikap dan posisi PDI Perjuangan," ujarnya.

Klaster kedua akan membahas program-program kerakyatan yang diperjuangkan oleh partai, terutama terkait pangan, dan bagaimana praktiknya harus diwujudkan.

Selanjutnya, klaster ketiga akan melibatkan seluruh peserta Rakernas, yang terdiri dari tiga pilar partai: Ketua, Sekretaris, dan Bendahara DPD-DPP, Kepala Daerah dari PDI Perjuangan, serta Anggota DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota incumbent dan terpilih 2024. Mereka akan membahas persiapan Pilkada serentak, termasuk calon dan strategi pemenangan.

"Ketiga, strategi pemenangan Pilkada serentak termasuk juga konsolidasinya ini semua sifatnya tertutup," jelas Djarot.

Lebih lanjut, Djarot mengungkapkan bahwa seluruh hasil pembahasan dalam Rakernas V PDI Perjuangan akan disampaikan dalam bentuk rekomendasi pada hari terakhir, 26 Mei 2024.

"Nanti hari Minggu, di acara penutupan itu, akan disampaikan rekomendasi dari Rakernas yang sifatnya eksternal kepada media," pungkasnya.

Sebagai informasi, Rakernas V PDI Perjuangan ini mengambil tema 'Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang' dengan sub tema 'Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran Yang Berjaya'.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut