get app
inews
Aa Read Next : Tim Hukum Merah Putih Dorong MK Putus PHPU Berdasarkan Perolehan Suara Capres

DPP HA IPB: Akhiri Kepemimpinan Jokowi dengan Husnul Khotimah dan Warisan Positif

Selasa, 27 Agustus 2024 | 23:00 WIB
header img
Ketua Umum DPP HA IPB dan jajaran pengurus menyampaikan pernyataan sikap terkait kondisi demokrasi di Indonesia saat ini dalam konferensi pers di Gedung Alumni IPB, Bogor, Selasa (27/8/2024). Foto: iNewsBogor.id/ Ifan Jafar Siddik

BOGOR, iNewsBogor.id - Kondisi Indonesia belakangan ini menjadi perhatian serius para alumni Institut Pertanian Bogor (IPB). Oleh karena itu, pada Selasa (27/8/2024), sejumlah pengurus DPP Himpunan Alumni (HA) IPB menyampaikan pernyataan sikap di Gedung Alumni IPB Kota Bogor.

Ketua Umum DPP HA IPB University Bogor, Walneg S. Jas, menilai bahwa kondisi demokrasi di Indonesia saat ini cenderung mundur akibat tata kelola pemerintahan yang diduga menyimpang dari amanat UUD 1945 dan cita-cita para pendiri bangsa. Hal ini sangat disayangkan oleh DPP HA IPB University Bogor. Terlebih lagi, HA IPB melihat bahwa sebagian pemimpin elit politik telah terlibat dalam praktik penyalahgunaan kekuasaan (abuse of power). Misalnya, memaksakan kehendak pribadi atau kelompok melalui intervensi hukum dan kewenangan lembaga lain, serta melawan keputusan lembaga yudikatif yang dianggap tidak sesuai dengan keinginan penguasa melalui arogansi kekuasaan di lembaga legislatif.

"Indikasi lainnya adalah kecenderungan pengambilan keputusan strategis negara yang sering kali tidak sejalan dengan aspirasi masyarakat umum, yang akhirnya memicu kontroversi, kemarahan, dan demonstrasi rakyat," ujar Walneg.

Berdasarkan berbagai masalah tersebut, DPP HA IPB meminta Presiden Joko Widodo untuk menghentikan segala bentuk penyalahgunaan wewenang.

"Kembalilah pada kepemimpinan yang menjunjung tinggi konstitusi, memegang integritas, menaati hukum yang berlaku, serta berorientasi pada aspirasi dan kepentingan rakyat sesuai nilai-nilai luhur Pancasila dan UUD 1945," kata Walneg.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut