get app
inews
Aa Read Next : Gempa Magnitudo 3,5, Guncang Kabupaten Bandung Jabar Tadi Subuh

Gempa Bumi M7,2 Guncang Haiti, 304 Orang Tewas

Minggu, 15 Agustus 2021 | 10:50 WIB
header img
Gempa bumi berkekuatan M7,2 mengguncang Haiti dan menewaskan sedikitnya 304 orang hingga Minggu (15/8/2021) pagi. (Foto: iNews.id/Reuters).

PORT-AU-PRINCE, iNews.id Gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,2 mengguncang Haiti. Korban tewas hingga Minggu (15/8/2021) pagi mencapai 304 orang, sementara sedikitnya 1.800 terluka.

Gempa besar mengguncang diikuti serangkaian gempa susulan di 8 km dari Kota Petit Trou de Nippes, sekitar 150 km sebelah barat ibu kota Haiti, Port-au-Prince. Episentrum gempa tercatat pada kedalaman 10 kilometer.

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), tetaran ini dirasakan hingga ke Kuba dan Jamaika. Gempa kali ini lebih besar dan lebih dangkal dibanding kejadian serupa 11 tahun lalu yang mencapai magnitudo 7. 

Layanan perlindungan sipil Haiti mengatakan, korban tewas saat ini mencapai 304 orang. Sementara itu, setidaknya 1.800 orang terluka. Operasi penyelamatan sedang dilakukan oleh tim darurat dan dibantu warga. 

Data pemerintah juga menyebutkan 949 rumah, 7 gereja, 2 hotel dan 3 sekolah hancur. Sebanyak 723 rumah lainnya, 1 penjara, 3 pusat kesehatan dan 7 sekolah rusak. 

Perdana Menteri Haiti Ariel Henry telah terbang di wilayah tersebut untuk mensurvei kerusakan. Dia menyatakan keadaan darurat selama sebulan akibat gempa ini.

Kawasan yang paling parah dilanda gempa yakni Les Cayes. Banyak bangunan runtuh atau rusak parah.

Banyak video yang diposting ke media sosial menunjukkan, warga yang menarik korban dari puing-puing. Ada juga kerumunan orang yang menunggu perawatan medis di rumah sakit.
 

 

Editor : Zen Teguh

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut