get app
inews
Aa Read Next : Berikut 7 Nama Tempat Unik dan Aneh di Jawa Barat, No 1 Paling Geli Bacanya

Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Sukabumi Terasa Kuat di Daerah Gunung Puyuh

Selasa, 06 Juni 2023 | 16:28 WIB
header img
Ilustrasi gempa Foto: Dok iNews.id

SUKABUMI, iNews.id - Pada Selasa, 6 Juni 2023 pukul 14.23 WIB, terjadi gempa bumi dengan kekuatan 5,1 magnitudo yang mengguncang sebagian wilayah Kota Sukabumi.

Episentrum gempa terletak sekitar 126 kilometer tenggara Kota Sukabumi, dengan kedalaman 10 kilometer. Guncangan gempa ini dirasakan kuat di Gunung Puyuh.

Beberapa warga Sukabumi merasakan gempa tersebut. Andri Somantri (35), salah satu warga, mengatakan bahwa guncangan terasa kuat saat berada di lantai 2.

Meskipun tidak ada kepanikan, gempa di Sukabumi membuat para karyawan di sebuah kantor merasa takut. Warga lainnya, Apriliandi Rahmawan (23), yang berada di Gedung Harsa, tidak merasakan guncangan gempa tersebut. Dia mengetahui tentang gempa melalui status WhatsApp teman-temannya.

Hingga pukul 14.30 WIB, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Novian Rahmat Taufik, menyatakan bahwa mereka belum menerima laporan mengenai dampak yang ditimbulkan oleh gempa tersebut.

BPBD telah mengoordinasikan forum laporan bencana melalui grup WhatsApp (WAG) yang melibatkan aparat di 32 kelurahan. Petugas BPBD telah disiagakan untuk turun ke lapangan setelah menerima laporan dari masyarakat.

Novian juga mengimbau masyarakat yang terdampak agar melaporkan kejadian tersebut kepada aparat atau menghubungi BPBD, dan masyarakat diminta untuk waspada dan segera menuju titik aman jika terjadi gempa.

Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempa bumi dengan kekuatan 5,1 magnitudo di Sukabumi tersebut.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut