get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Pranowo dan Gibran Olahraga Bareng di Bogor Sabtu Mendatang

Mengenal Sosok Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo: Kapolri Pertama, Bapak Kepolisian RI asal Bogor

Senin, 01 Juli 2024 | 09:42 WIB
header img
Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo, Kapolri pertama, Bapak Kepolisian RI asal Bogor. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsBogor.id - Hari Bhayangkara selalu diperingati pada tanggal 1 Juli, yang jatuh pada hari ini, Senin (1/7/2024). Sosok Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo menjadi menarik untuk dibahas.

Bapak Kepolisian ini dianugerahi gelar pahlawan nasional atas jasa-jasanya dalam membangun Polri. Dia lahir di Kampung Sawah, Jasinga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada 7 Juni 1908.

Keluarga Soekanto diketahui tinggal di lembah Sungai Cisadane yang subur. Soekanto dididik dengan disiplin Barat oleh ayahnya dan ajaran Islam oleh bibinya. Dia tumbuh menjadi pribadi yang kuat, tabah, teliti, dan tidak mudah menyerah.

Soekanto mulai mengenyam pendidikan di Frobel School (Taman Kanak-kanak Belanda). Dua tahun kemudian, dia melanjutkan ke Sekolah Rakyat Belanda yakni Europeesche Lagere School (ELS), hingga kemudian ke Hoogere Burger School (HBS) di Bandung.

Jenjang pendidikan tingginya ditempuh dengan bersekolah di Recht Hooge School (RHS). Sayangnya, dia harus putus sekolah karena keluarganya tidak lagi mampu membiayai.

Kemudian dia mendaftar sebagai siswa Aspirant Commisaris van Politie di Sukabumi dengan masa pendidikan selama 3 tahun. Dia lulus pada tahun 1933 dan mendapat pangkat Commissaris van Politie 3e Klass (Komisaris Polisi Kelas III). Sejak itu, dia memulai kariernya di kepolisian.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut