get app
inews
Aa Read Next : Silaturahmi Politik Demokrat-PDIP Jelang Pilbup 2024, Bayu Syahjohan: Kabupaten Bogor Masih Cair

Survei: Isu KLB Dongkrak Pamor Elektabilitas AHY dan Partai Demokrat

Sabtu, 22 Mei 2021 | 21:02 WIB
header img
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (demokrat.or.id)

BogorRaya, iNews.id -  Sebuah hasil survei menempatkan Partai Demokrat di posisi tiga besar partai politik dengan elektabilitas tertinggi. Naiknya pamor Partai Demokrat tidak lepas dari ramainya pemberitaan terkait dinamika internal partai khususnya isu Kongres Luar Biasa (KLB).

Survei yang diadakan  Perkumpulan Kader Bangsa (PKB) bekerja sama dengan Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) yang dilakukan pada akhir April hingga awal Mei 2021. 

Survei dilakukan terhadap 1.200 responden di 34 provinsi dengan metode "stratified random sampling" serta menggunakan teknik wawancara telepon.

Prosentase responden berusia usia 21-30 tahun 54,8 persen, mayoritas pelajar atau mahasiswa yang setara 33 persen, karyawan swasta 28 persen dan pengusaha atau wirausaha 17 persen.

"Partai Demokrat masuk tiga besar partai politik dengan elektabilitas tertinggi dengan proyeksi elektabilitas 14,8 persen," ujar peneliti ARSC Bagus Balghi, Sabtu (22/5/2021).

Proyeksi elektabilitas di bawah Partai Gerindra 15,03 persen di posisi kedua dan PDI Perjuangan 19,6 persen yang menempati urutan pertama.

Sementara elektabilitas Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berada di urutan ketiga dengan elektabilitas 8,89 persen jika dibandingkan ketum parpol lainnya.

Editor : Hilman Hilmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut