get app
inews
Aa Read Next : Menteri Keuangan Menjelaskan Penyaluran Bantuan Beras 10 Kg Bukan Bagian dari Perlindungan Sosial

Kabar Gembira, TA 2023 Pemerintah Akan Guyur Bea Siswa Untuk 20 juta Siswa

Kamis, 14 April 2022 | 22:05 WIB
header img
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto Setkab)

BOGOR - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan anggaran pendidikan, tahun depan akan meningkat lagi menjadi Rp563,6 triliun hingga Rp595,9 triliun. Ini lebih tinggi dibandingkan tahun ini yang anggaran pendidikannya Rp542,8 triliun.

Anggaran ini akan mendukung berbagai belanja pendidikan termasuk beasiswa kepada 20 juta siswa, Kartu Indonesia Pintar untuk 975.300 mahasiswa mendapatkan beasiswa, dan untuk membayar tunjangan profesi guru dan PNS yang merupakan profesi pendidik sebanyak 264.000 orang.

"Belanja pendidikan juga dipakai untuk operasi sekolah melalui BOS dan biaya operasi hingga tingkat PAUD, di mana 6,5 juta anak-anak pada usia dini akan mendapatkan manfaat," ujar Sri Mulyani saat Konprensi Pers di Jakarta, Kamis (14/4/2022)

Sementara itu, terkait pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan anggaran belanja pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di APBN 2023 di kisaran Rp27 triliun hingga Rp30 triliun. Anggaran ini dalam rangka memulai pembangunan infrastruktur dasar dan gedung pemerintahan.

"Juga untuk Kementerian Perhubungan dalam berbagai simpul konektivitas dan untuk membangun awal di bidang pendidikan seperti sarana sekolah dan juga kesehatan. Ini juga untuk mendukung belanja sarana dan prasarana di bidang pertahanan dan juga keamanan," ujarnya.

Sri Mulyani menambahkan, untuk belanja infrastruktur secara keseluruhan, dianggarkan Rp367 triliun hingga Rp402 triliun. Dia menyebut, anggaran ini demi menyelesaikan berbagai program-program infrastruktur yang penting.

"Seperti perumahan, air minum, pengolahan air limbah, pipa transmisi gas dari Cirebon-Semarang, jaringan irigasi, selain infrastruktur konektivitas seperti jalan, jembatan, kereta api, dan bandara, serta infrastruktur di bidang teknologi informasi seperti satelit dan BTS," ungkapnya.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut