get app
inews
Aa Read Next : ACC Salurkan Dana Bergulir Bantu UMKM Disabilitas di Bogor

Wakil Bupati Bogor: Petani Terjerat Utang dari Tengkulak dengan Bunga 20 Persen

Selasa, 25 Mei 2021 | 14:09 WIB
header img
Ilustrasi padi di sawah (Foto: Freepik/Widestock)

BogorRaya, iNews.id -  Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan menyatakan kesejahteraan para petani dan pelaku UMK di Kabupaten Bogor harus didukung dengan kemajuan teknologi dan permodalan perbankan.

Akan tetapi, saat ini para petani masih percaya terhadap bantuan modal dari pinjaman para tengkulak daripada permodalan perbankan. Padahal modal yang dipinjam dari tengkulak justru dapat menyulitkan mereka karena bunga yang cukup besar mencapai 20%. Akibatnya para petani tersandera oleh para tengkulak yang tidak memakai aturan perbankan.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan berkolaborasi dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) agar para petani dan Usaha Mikro dan Kecil (UMK) melek teknologi untuk meningkatkan kesejahteraannya. 

Hal Itu diungkapkan Wakil Bupati Bogor dalam kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dengan tema “Sinergi dan Kolaborasi Program Mendukung Inklusi Keuangan Bagi Petani Milenial dan Usaha Mikro dan Kecil (UMK), di Alana Hotel Sentul Babakan Madang, beberapa waktu lalu.

“Melalui kegiatan ini kami ingin memastikan kepada masyarakat terutama para petani dan UMK akan maju dan sejahtera, bila mereka melek teknologi, memakai alat modern, dan pendanaan permodalannya dilakukan melalui perbankan. Saat ini Pemkab Bogor bekerjasama dengan bank yang saat ini membuat produk khusus petani yang dinamakan asuransi petani, tinggal dimanfaatkan saja oleh petani, ini harus dikampanyekan untuk menciptakan petani milenial yang melek teknologi,” tutur Wabup Bogor.

Wakil Bupati menambahkan, saat ini Pemkab Bogor terus berupaya memajukan petani mulai dari asuransi petani, bantuan bibit, bantuan peralatan teknologi, dan lainnya, agar para petani tidak hanya mampu memproduksi tetapi juga bisa menjual dan terbebas dari jeratan para pemberi modal (tengkulak). 

“Di sini kami hadir untuk mempelajari lebih detail permasalahan yang terjadi dikalangan petani agar dapat menjadi solusi dan menjadikan petani sejahtera sehingga ikon petani sebagai orang kaya bisa terwujud seperti di Jepang,” tambahnya.
 

Editor : Hilman Hilmansyah

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut