Jumat Walinya Para Hari dan Kiamat Akan Terjadi Saat Itu

Novie Fauziah
Hari Jumat adalah walinya para hari dan banyak keberkahan di dalamnya. (Foto: Borneobuletin)

1. Diciptakannya Nabi Adam Alahissallam

Nabi Adam Alaihissallam adalah manusia pertama yang diciptakan Allah Subhanahu wa ta'ala di bumi. Rasullullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: "Hari terbaik terbitnya matahari adalah hari Jumat, hari penciptaan Nabi Adam, hari masuk dan keluar surga Nabi Adam, dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali hari Jumat." (HR Muslim)

Kemudian dalam riwayat hadis lainnya juga disebutkan: "Pada hari itu (hari Jumat) bapak kalian semua (Nabi Adam Alaihissallam) masuk surga. Dan pada hari itu ia keluar dari surga." (HR Imam At thabrani)

2. Semua makhluk diciptakan, langit, bumi, surga, dan neraka menjadi sempurna

Imam Ibnu kasir dalam tafsirnya menjelaskan, "Dan pada hari itulah semua makhluk menjadi sempurna yaitu hari keenam di mana Allah menciptakan langit dan bumi di dalamnya. Hari keenam adalah hari Jumat, karena kalender Islam memulai menghitung hari dari hari Minggu, bukan dari hari Senin seperti kalender masehi."

Selain itu dalam riwayat hadis lainnya juga disebutkan, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: "Dalam tujuh hari, ada satu hari yang Allah memilihnya dari hari-hari keseluruhannya. Pada hari Jumat Allah menciptakan langit dan bumi, di hari itu juga Allah menyelesaikan ciptaan-Nya, dan di hari itu juga Allah menciptakan surga dan neraka." (HR Abu Syaikh)

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network