Yayasan Korindo Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Fasilitas Pengolahan Sampah Bio-Conversio

Tim iNews.id
Seremoni peletakan batu pertama fasilitas pengolahan sampah Bio-Conversion oleh Sekjen Yayasan Korindo, Mr Seo Jeongsik.Foto: Ist

“Pembangunan fasilitas ini dilatarbelakangi oleh kenyataan, bahwa masih banyaknya limbah makanan yang tidak dikelola dengan baik. Sehingga memiliki dampak buruk terhadap kesehatan manusia dan kelestarian alam,” ucap Seo.

Limbah makanan yang dibiarkan menumpuk di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dapat membahayakan bagi bumi, sehingga dibutuhkan solusi yang tepat untuk menangani masalah ini.

Di TPA sampah makanan ini dalam kondisi anaerob karena tertumpuk atau tertutup sehingga menghasilkan gas metana yang dapat meningkatkan total emisi karbon.

Gas metana memiliki efek puluhan kali lebih kuat daripada karbondioksida penyumbang terbesar efek rumah kaca penyebab pemanasan global dan perubahan iklim.

Kepala FFLI Hadi Pasaribu menyambut hangat terselenggaranya kerjasama ini. Menurut Hadi, kerjasama ini sejalan dengan komitmen FFLI dalam mewujudkan Indonesia yang bebas dari sampah.

“FFLI siap berdampingan dengan Korindo untuk membangun bangsa ini bebas dari sampah,” tegasnya.

 Ia berharap, fasilitas pengolahan sampah organik Bio-Conversion organik di Rest Area Cibubur Square bisa rampung dan diresmikan pada akhir tahun mendatang, sehingga manfaatnya segera dirasakan oleh semua pihak, baik perusahaan, FFLI maupun warga sekitar.

Karena menariknya selain memanfaatkan sampah organik dari Rest Area Cibubur Square, warga sekitar rest area juga diperbolehkan ‘menyumbang’ sampah organiknya di fasilitas ini.

Selain membangun fasilitas pengolahan sampah organik Bio-Conversion organik BSF (Black Soldier Fly/ Lalat Tentara Hitam), nantinya di lahan yang sama juga akan dibangun kolam ikan lele dan kandang ayam.

Maggot dari BSF akan menjadi pakan lele dan ayam yang diternak di Rest Area Cibubur Square sehingga akan membentuk skala ekonomi yang terintegrasi.    

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network