Kalahkan Spanyol, Kemenangan Maroko Membawa Kegembiraan untuk Semua Orang Arab

Ifan Jafar Siddik/Net
Usai kalahkan timnas Spanyol, Timnas Maroko Lolos 8 besar Piala Dunia 2022 Qatar. Foto: iNewsBogor.id/istimewa

QATAR, iNewsBogor.id - Usai melewati laga selama 120 menit serta adu penalti, timnas Maroko berhasil menyingkirkan Spanyol di babak 8 besar Piala Dunia 2022, Selasa (6/12) malam. Singa Atlas sukses menang lewat babak tos-tosan dengan skor 3-0 di Education City Stadium.

Kiper timnas Maroko, Yassine Bounou menjadi pahlawan Singa Atlas dengan menggagalkan sepakan dua penendang penalti La Furia Roja. Pemain berusia 31 tahun itu mengatakan faktor keberuntungan serta perjuangan rekan-rekannya yang menjadi alasan kemenangan penembakan.

Kemenangan tersebut mengundang banyak pujian dari para tokoh. Salah satunya penguasa Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al-Maktoum yang memuji kemenangan bersejarah timnas Maroko atas Spanyol di babak 8 besar Piala Dunia 2022 di Qatar, Selasa malam (6/12).

Ia menggambarkannya sebagai kemenangan bagi seluruh dunia dan sumber kebanggaan bagi semua orang Arab.

Maroko menjadi negara berbahasa Arab pertama yang timnya mencapai perempat final Piala Dunia, yang untuk pertama kalinya digelar di negara Arab. Tim berjulukan Singa Atlas itu menyingkirkan Spanyol 3-0 dalam adu penalti setelah kedua tim bermai imbang 0-0 di Education City Stadium.

Maroko juga menjadi negara Afrika keempat yang lolos hingga perempat final Piala Dunia setelah Kamerun (1990), Senegal (2002), dan Ghana (2010).

“Yang mustahil bukanlah Maroko, yang mustahil bukanlah Arab. Kemenangan Singa Atlas adalah sumber kegembiraan dan kebanggaan bagi semua orang Arab,” kata Sheikh Mohammed yang juga menjabat Wakil Presiden dan Perdana Menteri Uni Emirat Arab itu di Twitter untuk memberi selamat kepada timnas Maroko.

Putra Mahkota Dubai Sheikh Hamdan bin Mohammed bin Rashid Al-Maktoum juga memuji Maroko atas kemenangan bersejarahnya atas Spanyol.

“Singa Atlas pantas mendapatkan ucapan selamat. Salam hangat untuk Maroko. Anda telah membawa kegembiraan bagi semua orang Arab dengan upaya Anda yang gagah berani dan kemenangan yang diraih dengan baik,” tulis Sheikh Hamdan di Twitter.

Kemenangan Maroko menambah kesuksesan Arab lainnya di turnamen empat tahunan itu seperti Arab Saudi yang mengalahkan Argentina dan Tunisia mengalahkan juara bertahan Prancis di penyisihan grup.

Maroko kini berpeluang menjadi semifinalis pertama dunia Arab dan Afrika jika mampu mengalahkan timnas Portugal di Stadion Al Thumama, Doha, pada Sabtu, 10 Desember 2022 mendatang.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network