6 Tips Sederhana Menjaga Ikatan Cinta Tetap Harmonis dengan Pasangan

Ifan Jafar Siddik/Net
Ilustrasi menjaga ikatan cinta. Foto: iNewsBogor.id/istimewa

BOGOR, iNewsBogor.idCinta adalah suatu emosi dari afeksi yang kuat dan ketertarikan pribadi. Cinta juga dapat diartikan sebagai suatu perasaan dalam diri seseorang akibat faktor pembentuknya. Dalam konteks filosofi, cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang.

Mencintai seseorang itu mudah, menjaga cinta itu yang sulit. Menjalin ikatan cinta bukan hal yang mudah dan selalu dipenuhi bunga-bunga. Dibutuhkan pengertian antar pasangan agar ikatan tersebut dapat berjalan dengan baik.

Berikut ini beberapa tips menjaga ikatan cinta tetap harmonis dengan pasangan:

1. Komunikasi
Komunikasi menjadi faktor yang sangat penting untuk menjaga hubungan dengan pasangan. Penelitian mengungkapkan, komunikasi lebih penting daripada komitmen. Komunikasi akan membentuk hubungan yang sehat dan terhindar dari konflik.

Hal itu karena komunikasi membuat pasangan terbuka satu sama lain. Selain itu, dengan komunikasi, ikatan cinta pasangan juga akan semakin erat. Komunikasi juga membuat rasa bahagian karena dapat diartikan sebagai rasa perhatian satu sama lain.

2. Jangan lupakan hal-hal sederhana
Terkadang dalam hubungan, rasa nyaman membuat berbagai hal sederhana terlupakan. Misalnya, ucapan tolong dan terima kasih. Kedekatan antara keduanya terkadang lupa untuk mengucapkan kata-kata tersebut. Padahal, dengan kata-kata tersebut dapat membuat pasangan merasa dihargai.

3. Lakukan olahraga bersama
Studi menunjukkan, pasangan yang berolahraga bersama tidak hanya lebih sehat, tetapi membuat ikatan cinta lebih baik. Bagi pasangan yang sudah menikah, Psychology Today mengutip beberapa penelitian yang melaporkan, gejala gairah fisiologis akan meningkat karena melakukan olahraga bersama.

4. Pergi berlibur bersama
Liburan singkat akan membuat hubungan semakin erat. Selain itu, berlibur juga meningkatkan jiwa petualangan kedua pasangan sehingga saling memberikan energi yang positif. Pergi berlibur bersama juga baik untuk pikiran pasangan sehingga hubungan menjadi lebih harmonis. Berlibur bersama juga merupakan hal yang romantis bagi satu sama lain.

5. Buat pasangan tertawa
Tertawa akan membuat tubuh menjadi rileks dan tenang. Selain itu, tertawa meningkatkan sistem kekebalan dan melepaskan endorfin. Pakar tawa Lesley Lyle, penulis buku Laugh Your Way To Happiness mengatakan, tersenyum dan tertawa akan membuat tubuh merasa lebih baik.

Ketika dalam suatu hubungan dapat membuat tertawa satu sama lain, itu akan membantu keduanya menyebarkan energi positif untuk mereka. Energi positif tersebut yang membuat pasangan nyaman.

6. Makan bersama
Melakukan kegiatan bersama akan membuat hubungan menjadi lebih dalam. Salah satu cara menghabiskan waktu yaitu dengan makan bersama. Makan bersama pasangan akan membuat suasana hati menjadi tenang apalagi jika diikuti dengan pembicaraan yang menyenangkan.

Itulah 6 tips dalam menjaga ikatan cinta tetap harmonis dengan pasangan. Semoga bermanfaat ya

Editor : Ifan Jafar Siddik

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network