Kelompok KKNT Inovasi IPB 2023 Edukasi Program Qurban Kontrol di Sukawening Dramaga Kabupaten Bogor

Furqon Munawar
Kelompok KKNT Inovasi IPB 2023 Edukasi Program Qurban Kontrol di Sukawening Dramaga Kabupaten Bogor. (Foto : Istimewa)

BOGOR, iNewsBogor.id – Guna memastikan pelaksanaan dan pendistribusian hewan kurban sehingga daging Kurban dapat terjamin keamanan, kesehatan dan kebersihan pangan yang akan dikonsumsi oleh masyarakat. Kelompok KKNT Inovasi IPB 2023 mengadakan program Qurban Kontrol di Desa Sukawening, Dramaga Kabupaten Bogor, Kamis, (29/6/2023).

"Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah daging yang dibagikan masyarakat belum terjamin kualitasnya, dan kadang dalam proses kegiatan belum sesuai dengan aturan yang diterapkan oleh aturan.bahkan dalam penanganan hewan qurban sering kali menyakiti hewan yang akan disembelih pula. Oleh karena controlling dalam pelaksanaan Kurban perlu dilakukan untuk menjamin kualitas dari daging kurban yang dihasilkan," kata Perwakilan Kelompok KKNT Inovasi IPB, Abdul Haris Zulkarnaen pada iNewsBogor.id, Jum'at, (30/6/2023).

Qur-Kon atau korban kontrol ini, tambah Abdul Haris, memiliki sasaran kepada panitia yang melaksanakan qurban di desa sukawening dengan mengambil beberapa titik kontrol, diantaranya pada RW-01 dan RW-03. Program ini dilakukan secara langsung dengan ikut serta dan terlibat dalam semua alur kegiatan qurban pada hari raya idul adha 1444 H.

"Dalam program ini edukasi kepada masyarakat sudah dilkukan sebelumnya dengan datang pada musyawarah persiapan penyembelihan hewan qurban. Sehingga dalam prosesnya dari jauh hari dapat teridentifikasi dengan baik," jelasnya.

Terkait Qur-Kon yang dilaksanakan Kelompok KKNT IPB, Ketua Panitia Qurban 2023 di RT-02, RW-01 Desa Sukawening Kabupaten Bogor, Ustadz Deni menuturkan pentingnya kegiatan tersebut bagi masyarakat.

"Kegiatan mahasiswa dengan melakukan pengawasan terhadap alur perlakuan dan pendistribusian penting dilakukan untuk menjamin keamanan pangan, sehingga aman dikonsumsi masyarakat," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, KKNT Inovasi IPB 2023 dilaksanakan bekerjasama dengan dokter hewan setempat dan civitas IPB dari Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis melakukan pemeriksaan hewan kurban sebelum disembelih dan setelah disembelih dilihat dari jeroan hewan kurban tersebut.

Begitupun dalam hal pembungkusan daging qurban, para mahasiswa juga mengedukasi untuk menggunakan plastik yang tidak berbahaya bagi kesehatan manusia yaitu plastik putih atau merah. Daging yang dimasukkan pada kantong plastik juga dibungkus sebelumnya dengan daun pisang agar bakteri tidak akan ada.

"Hewan qurban yang disembelih di 2 titik yang kita tentukan yaitu RT-02 RW-01 sejumlah 1 ekor sapi dan 4 ekor kambing, sedangkan pada 1 titik lagi berada di RT-01, RW-03 sejumlah 1 ekor sapi teridentifikasi sehat dan aman untuk dikonsumsi oleh manusia serta hewan qurban tersebut tidak memiliki penyakit yang dapat mempengaruhi kualitas dari daging kurban," tandas Abdul Haris.


Kelompok KKNT Inovasi IPB 2023 memberi edukasi program Qurban Kontrol pada masyarakat di Desa Sukawening. (Foto : Istimewa)

 

Program controlling qurban yang dilakukan Kelompok KKNT Inovasi IPB di Desa Sukawening, Dramaga Kabupaten Bogor, guna memastikan masyarakat dapat merayakan Idul Adha 1444 H dengan tanang, dan daging qurban yang diperoleh pun berkualitas.

"Semoga program ini tidak hanya diterapkan di Desa Sukawening namun program ini dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi seluruh masyarakat," pungkasnya.

Editor : Furqon Munawar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network