Busworld SEA Edisi Ke-3 Siap Dorong Pengembangan Kendaraan Listrik di Indonesia

Patris Arifin
Busworld Southeast Asia 2022 (Antara)

JAKARTA, iNewsBogor.id - Busworld Southeast Asia edisi ke-3 akan dihelat di JI Expo Kemayoran, Jakarta, pada 15-17 Mei 2024 mendatang.

Ajang pameran otobus terbesar se-Asia Tenggara ini diselenggarakan oleh Global Expo Management (GEM) Indonesia bekerja sama dengan Busworld International. 

Presiden Direktur GEM Indonesia, Baki Lee, memastikan event ini bakal menjadi wadah bagi para ahli transportasi bus untuk dapat berbagi informasi, pengetahuan, memberikan update teknologi atau bahkan menambah jaringan.

Sejumlah perusahaan bus ternama, baik dari dalam maupun luar negeri, akan berpartisipasi. Antara lain, New Armada, Adiputro, Laksana, dan Tentrem, serta perusahaan bus ternama dari luar negeri seperti Golden Dragon dan Yutong. 

Busworld SEA edisi ke-3 ini juga akan menjadi ajang pertemuan antara suplier pendukung komponen bus dengan manufaktur atau bahkan mempertemukan para pemangku kepentingan. 

"Intinya pameran ini all about the bus. Jadi sangat spesifik dan khusus,"ucapnya melalui keterangan tertulis, Rabu (13/3/2024).

Sedikitnya 1.300 perusahaan bus dari 50 negara akan memeriahkan pameran Busworld Southeast Asia edisi ke-3 ini.

Selain menggelar pameran, event ini akan disemarakkan juga dengan Busworld Conference 2024 dan Company Pitch Program.

Sejumlah pakar serta pembicara terkenal dari beberapa negara di Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Thailand, dipastikan akan hadir.

"Jadi kita undang pembicara-pembicara ini nanti untuk berbicara tentang sistem bus dan berbagai hal lain yang terkait dengan bus. Seperti keselamatan, teknologi, dan tidak ketinggalan juga bus Listrik. Jadi E-bus,” jelasnya.

Baki berharap pameran otobus ini dapat mempromosikan pengembangan kendaraan listrik di Indonesia, terutama untuk mewujudkan Net Zero Emission pada 2060 mendatang.

"Pemerintah sedang mendorong pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Bus dalam kota dan Bus Rapid Transit pun menjadi fokus utama dalam pengembangan bis listrik, yang mana terbukti dari banyaknya daerah di Indonesia yang mulai menggunakan bis listrik sebagai transportasi umum," ucapnya.

Ketua Umum Pengurus Pusat Asosiasi Karoseri Indonesia (ASKARINDO) Jimmy Tenacious mengungkapkan, market bus dari tahun ke tahun selalu bertumbuh karena populasi semakin bertambah ditunjang Pembangunan jalan yang kian marak.

“Tentu akan tingkatkan pemakaian bis antar antar Propinsi, antar kota,”ujarnya.

Jimmy optimis pengunjung tidak akan kecewa dengan kehadiran empat karoseri terbesar di Tanah Air karena mereka menampilkan produk terbaru dengan teknologi teranyarnya.

“Mereka akan tampilkan feature-feature terbaru dan mungkin akan lebih nyaman lagi, lebih canggih lagi. Dan itu bisa dilihat nanti pada saat  pameran Buswolrd berlangsung,” kata Jimmy.

 

Editor : Furqon Munawar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network