Peluang Menang Ikfina Menipis di Pilkada Mojokerto 2024 karena Kehilangan Basis Pendukung

Patris Arifin
Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mencoba membatik rumah produksi eco-fashion batik yang berlokasi di Dusun Pandantoyo, Desa Pandankrajan, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto. ANTARA/HO-Pemkab Mojokerto

JAKARTA, iNewsBogor.id - Pengamat politik dari Universitas 17 Agustus, Fernando Emas, menilai peluang Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, untuk menang di Pilkada 2024 akan semakin tipis setelah berpisah jalur dengan Wakil Bupati Muhammad Al Barra atau Gus Barra.

Fernando menyebut dukungan kuat dari Nahdliyyin yang lebih condong ke Gus Barra berpotensi memecah basis massa Ikfina. Menurut Fernando, keputusan Ikfina dan Gus Barra untuk maju sendiri-sendiri dalam kontestasi Pilkada ini bisa berakibat pada terpecahnya dukungan yang selama ini mereka miliki sebagai pasangan petahana. 

"Walaupun Iktifina Rahmawati kemungkinan akan mendapatkan dukungan dari Partai Kebangkitan Bangsa akan tetapi Gus Barra akan lebih mendapatkan dukungan dari para Nahdliyyin," kata Fernando kepada wartawan, Selasa (13/08/2024).

Fernando menilai pecah kongsi ini wajar terjadi karena Gus Barra sudah tidak berminat lagi diposisikan sebagai calon wakil bupati. Gus Barra, kata dia, lebih memilih menjadi bupati karena yakin dengan kekuatan basis dukungannya.

Menurut Fernando memprediksi dinamika politik Mojokerto akan semakin sulit bagi Ikfina. Pasalnya, Gus Barra, dengan dukungan dari kalangan pemuka agama dan partai politik, memiliki peluang yang jauh lebih besar untuk memenangkan Pilkada di daerah tersebut. 

“Dukungan partai politik dan dari kalangan pemuka agama akan memperbesar peluang kemenangan Gus Barra. Sehingga Gus Barra sangat berpeluang memenangkan kontestasi Pilkada Mojokerto 2024,” kata Fernando.

Editor : Furqon Munawar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network