Arus Balik Lebaran, Ini Daftar Lokasi Random Tes Covid-19

Ilustrasi vaksin Covid-19 (Foto : freepik)

BogorRaya, iNews.id - Pemerintah akan melakukan random testing terhadap para pengguna angkutan jalan, baik kendaraan pribadian maupun kendaraan angkutan. Pemeriksaan ini akan mulai dilakukan di jalan tol, jalan arteri hingga ke jalan-jalan terkecil di pemukiman penduduk pada Sabtu (15/5/2021).

Adapun random testing ini ditujukan untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 usai libur lebaran. Hal tersebut termaktub dalamsurat No. 46/05 Tahun 2021 tentang Antisipasi Perjalanan Masyarakat Pada Arus Balik Idul Fitri 2021 yang ditandatangani Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

 

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, random testing ini digelar disejumlah lokasi di Jabodetabek dan daerah lain. Pihaknya juga telah menggandeng stakeholder yang lain seperti Polda Jabar dan Jasa Marga.

“Kami menyampaikan beberapa lokasi yang nanti kita harapkan segera tindak lanjuti, kalau memang itu feasible untuk dijadikan sebagai tempat pemeriksaan. Dan ini sudah kami koordinasikan dengan pihak Jasa Marga maupun dengan pihak terkait terutama Dirlantas Polda Jabar,” ujar Budi Setiyadi seperti dilansir okezone.

Menurutnya, random tes ini dilakukan untuk semua kendaraan pribadi yang mengarah ke Jakarta, Bogor, Tangerang, juga Bekasi.

“Untuk kendaraan pribadi dari arah semua arah yang ke arah Jabotabek walaupun sifatnya adalah random sampling. Namun demikian kita harapkan mayoritas jadi artinya pergerakan masyarakat itu kita upayakan sebetulnya dilakukan random sampling dengan rapid tes antigen,”ungkapnya.

“Namun dengan keterbatasan alat tesnya, mungkin sebentar nanti sifatnya random sampling. Namun demikian sifatnya adalah kita pakai kita upayakan secara maksimal,” kata Budi.

Budi mengatakan random tes juga dilakukan untuk sepeda motor. “Untuk sepeda motor juga demikian sama saja, dari semua akan baik jalan nasional yang dari Karawang ke Bekasi, kemudian dari Puncak ke arah Bogor, termasuk juga dari arah Banten itu semua juga kita lakukan namun masih juga sifatnya random sampling,” katanya.

“Namun demikian kita harapkan semaksimal mungkin kita lakukan sepanjang ketersediaan alat tesnya mencukupi,” tutup Budi.

 

Berikut ini lokasi random tes Covid-19:

Gerbang Tol Utama

- Gerbang Tol Cikampek Utama

- Gerbang Tol Kalihurip Utama

- Gerbang Tol Kalikangkung 

- Gerbang Tol Warugunung

 

Lokasi Rest Area

Jakarta-Cikampek

- RA KM 62B

- RA KM 42B

 

Purbaleunyi

- RA KM 97B

- RA KM 125B

- RA KM 149B

 

Jagorawi

- RA KM 38B

 

Janger

- RA KM 14B

 

Semarang-Batang

- RA KM 360B

 

Solo-Ngawi

- RA KM 519 B

- RA KM 575B

 

Panmal

- RA KM 66B

 

Lokasi untuk Kendaraan Sepeda Motor

- Ruas Sukabumi-Cianjur

- UPPKB Balonggandu

- Pos Penyekatan Susukan

- Ruas Indramayu-Jatibarang

 

Editor : Hilman Hilmansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network