Dr. Rimun Wibowo: Manusia dan Ekologi dalam Upaya Menjaga Planet Bumi

Furqon Munawar
Dr. Rimun Wibowo, Ketua Prodi Ilmu Lingkungan Fakultas Teknik dan Sains Universitas Ibn Khaldun Bogor. (Foto : Istimewa/iNewsBogor.id)

BOGOR, iNewsBogor.id - Dalam era modern ini, hubungan antara manusia dan lingkungan menjadi semakin krusial untuk diperhatikan. Dr. Rimun Wibowo, Ketua Program Studi Ilmu Lingkungan di Fakultas Teknik dan Sains, UIKA Bogor, menekankan pentingnya Ekologi Manusia (Human Ecology) sebagai ilmu yang mempelajari interaksi antara manusia dan lingkungannya dalam rangka menjaga keseimbangan ekosistem Bumi.

Ekologi Manusia (Human Ecology) melihat manusia sebagai bagian dari ekosistem yang lebih besar, di mana segala aktivitas manusia—seperti penggunaan sumber daya alam, produksi energi, dan penciptaan limbah—berdampak langsung pada lingkungan sekitar.

Menurut Dr. Rimun, lingkungan bukan hanya terdiri dari unsur-unsur fisik seperti tanah, air, dan udara, tetapi juga melibatkan elemen sosial yang mempengaruhi perilaku manusia. Sistem sosial ini memainkan peran kunci dalam menentukan bagaimana manusia memanfaatkan dan mengelola sumber daya alam.

Cara pandang kita terhadap lingkungan sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai sosial, pengetahuan, dan teknologi yang kita miliki,” ujarnya.

Editor : Furqon Munawar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network