Puasa sebentar lagi! Berikut Contoh Ceramah di Bulan Suci Ramadhan

Ifan Jafar Siddik

BOGOR -  Bulan suci Ramadhan 2022 akan segera tiba. Pemerintah melalui Kementerian Agama akan melaksanakan sidang Isbat pada 1 April 2022 mendatang untuk menentukan 1 Ramadhan 1443 jatuh pada tanggal berapa. Ceramah di bulan Ramadhan menjadi program di berbagai mesjid dan majlis, tidak terkecuali di media sosial. 

Berikut contoh ceramah amalan di bulan Ramadhan penting untuk diketahui sebagai inspirasi mendapatkan bulan puasa yang penuh berkah.

Contoh Ceramah Amalan di Bulan Ramadhan

Ceramah tentang bulan ramadhan penuh berkah singkat dikutip dari buku 'Bank Soal Cepat Menguasai Soal' karya Tomi Rianto:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Alhamdulillah kita telah diberi kesempatan pada siang hari ini untuk bertemu di masjid besar ini. Alhamdulillah kita diberi nikmat sehat yang tiada taranya sehingga kita dapat berkumpul untuk saling bersilaturahim.

Pada hari yang berbahagia ini saya akan sedikit menjelaskan tentang ibadah yang selalu dan wajib dikerjakan bago setiap muslimin dan muslimah sekalian. Iya 'ibadah salat'. Kita sudah tahu saudara-saudara bahwa salat adalah tiang agama, salat dapat mencegah perbuatan keji dan munkar.

Di situ diartikan bahwa dengan salat yang benar dan khusu, berarti kita sudah menjalankan satu yang menjadi tiang kehidupan, jika tiang itu tidak benar maka akan roboh seluruh bangunan dan pondasi kehidupan itu sendiri. Banyak orang mengatakan jika ingin melihat bagaimana seseorang lihatlah dari salatnya.

Jika salat kita baik, insyaAllah baik lah seluruh amalan kita, karena apabila kita sudah mengerjakan salat itu dengan benar, khusyu dan sepenuh hati karena Allah berarti kita sudah totalitas menjalankan segala yang diperintahkan dan dilarang Allah sebagai bukti ketaqwaan kita.

Tapi jika selalu seenaknya dalam mengerjakan salat baik itu tidak tepat waktu atau seenaknya bacaannya, sudah bisa dipastikan amalan yang lain juga tidak jauh berbeda. 

Sekian wejangan sedikit dari saya, semoga dapat memberikan segudang manfaat bagi saudara sekalian. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Semoga contoh ceramah amalan di bulan ramadhan di atas bisa menginspirasi kita ya untuk menjadi yang lebih baik lagi di bulan puasa!

Editor : Hilman Hilmansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network