Catat! Prosesi Pemakaman Jenazah Eril Sesampainya di Bandung, Ini Rutenya

Furqon Munawar
Catat! Prosesi Pemakaman Jenazah Eril Sesampainya di Bandung, Ini Rutenya. (Foto : Istimewa)

BOGOR, iNews.id - Antusiasme masyarakat yang luar biasa mengikuti kabar perkembangan terkait Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril mendorong Pemprov Jawa Barat selaku penanggung jawab prosesi pemakaman memberikan kesempatan pada khalayak yang bersimpati ikut menghantarkannya ke lokasi pemakaman di Cimaung Kabupaten Bandung.

Masyarakat yang ingin ziarah ke makam Emmeril Kahn Mumtadz, pun diizinkan selama sepekan, Senin (13/6/2022) hingga Minggu (19/6/2022). Waktu ziarah untuk mendoakan Eril dibatasi mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

"Lokasi permakaman dibuka untuk siapapun yang berkenan ziarah. Senin itu dibuka setengah hari sampai Magrib. Selasa sampai Minggu 08.00-17.00 WIB," kata Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setda Provinsi Jabar sekaligus juru bicara (jubir) Pemprov Jabar Wahyu Mijaya, Sabtu (11/6/2022).

Sementara itu, Erwin Muniruzzaman, kakak kandung Ridwan Kamil sekaligus jubir keluarga mengatakan, keluarga tidak membatasi warga yang hendak takziah, dan mendoakan Eril. Namun perlu pengaturan agar tertib.Warga yang berkeinginan hadir menyampaikan doa dipersilakan setelah jenazah sampai di Gedung Pakuan untuk disemayamkan pukul 22.00-23.00 WIB sebelum dimakamkan.

"Selasa sampai minggu kita juga berikan kesempatan untuk ziarah kubur karena ini juga ada di pemakaman diatur agar tertib sesuai situasi di lokasi," kata Erwin Muniruzzaman.

Diketahui, jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau akrab disapa Eril akan diberangkatkan ke areal permakaman keluarga di Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, pada Senin (13/6/2022) sekitar pukul 09.00 WIB.

Pemprov Jabar pun telah menyiapkan rute pemberangkatan jenazah dan para pelayat ke lokasi permakaman.

Rute yang akan ditempuh antara lain, dari Gedung Pakuan menuju Jalan Wastukancana. Setelah itu, rombongan akan belok kanan melewati Jalan Pasirkaliki. Tiba di lampu merah Pasirkaliki-dr Djunjunan (Pasteur), iring-iringan akan belok kiri menuju jalan Tol Pasteur.

Rombongan masuk ke Tol Pasteur menuju Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) hingga Jalan Raya Soreang. Dari sini, mereka akan menyusuri Jalan Raya Soreang menuju Kecamatan Cimaung. Lokasi permakaman berada di 5 kilometer dari Kecamatan Banjaran.

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jabar, Wahyu Mijaya mengatakan, saat ini persiapan untuk pemberangkatan jenazah ke lokasi pemakaman audah dipersiapkan maksimal.

Rutenya dari Gedung Pakuan menuju Tol Pasteur kemudian masuk Tol Seroja dan langsung ke Cimaung, Kabupaten Bandung," kata Wahyu Mijaya, Sabtu (11/6/2022).

Masyarakat yang berada di jalur lintasan rombongan tersebut, ujar Wahyu Mijaya, diharapkan bisa memberikan ruang agar prosesi pemakaman Eril berjalan dengan lancar dan baik.

"Mohon warga di sekitar rute tersebut berkenan memberikan ruang agar dapat lewat jalur alternatif. Pemprov Jabar meminta maaf kepada masyarakat apabila aktivitas terganggu selama proses perjalanan jenazah dari rumah duka menuju permakaman," ujar Wahyu Mijaya.

Dikabarkan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan rombongan membawa jenazah almarhum Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril akan tiba di Gedung Pakuan, Jalan Otto Iskandardinata, Kota Bandung pada Minggu (12/6/2022) sekitar pukul 22:00-23:00 WIB. Keluarga akan menyolatkan jenazah Eril itu di rumah jabatan Gubernur Jabar.

Erwin Muniruzzaman, kakak kandung Ridwan Kamil yang bertindak sebagai juru bicara (jubir) keluarga mengatakan, jadwal kedatangan rombongan Ridwan Kamil dan jenazah Eril dari Swiss ke Tanah Air diperkirakan tepat pada Minggu (12/6/2022) sore.

Kemudian, Kemlu dan Ridwan Kamil melakukan proses pengurusan jenazah. Dari bandara rombongan membawa jenazah Eril menuju ke Gedung Pakuan, Kota Bandung menggunakan jalur darat.

"Sampai Bandung diperkirakan malam hari, pukul 22.00-23.00 WIB. Saat tiba, ada acara keluarga inti," kata Erwin Muniruzzaman, Sabtu (11/6/2022).

Editor : Furqon Munawar

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network