get app
inews
Aa Read Next : Gempa Magnitudo 3,5, Guncang Kabupaten Bandung Jabar Tadi Subuh

Palabuhanratu Diguncang Gempa Bumi Tektonik Magnitudo 4,9, Terasa hingga Malingping

Rabu, 10 November 2021 | 14:04 WIB
header img
Wilayah Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (10/11/2021) diguncang gempa bumi  tektonik Magnitudo 4,9. Getarannya terasa hingga Malingping, Banten. (Foto: Inews.id)

BANDUNG, iNews.id - Wilayah Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (10/11/2021) diguncang gempa bumi  tektonik Magnitudo 4,9. Getarannya terasa hingga Malingping, Banten

"Sukabumi sering terjadi gempa karena terletak dekat dengan sumber gempa, yaitu zona subduksi sesar aktif (Indo-Australia) di darat. Dengan kedalaman dangkal, sumber gempa diperkirakan pada zona interface, yaitu zona gesekan pada bagian atas tumbukan lempeng. Gempa tersebut mungkin hanya terasa di Jakarta bagi orang yang sedang di gedung lantai atas, karena magnitudo tidak besar dan kedalaman dangkal," kata Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Supartoyo, Rabu (10/11/2021).  

Berdasarkan analisis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, gempa bumi ini disebabkan oleh aktivitas zona atas pada bagian tumbukan lempeng.  

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).  

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Malingping, Cikakak III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu) dan Palabuhanratu II MMI (hetaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).  

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut