get app
inews
Aa Read Next : Mengenal Sosok Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo: Kapolri Pertama, Bapak Kepolisian RI asal Bogor

YIF 2022 Dinilai Sukses, RK: Lewat Forum Y-20 Akan Lahir Pemimpin Dengan Diplomasi Kelas Dunia

Senin, 22 Agustus 2022 | 13:56 WIB
header img
YIF 2022 Dinilai Sukses, RK: Lewat Forum Y-20 Akan Lahir Pemimpin Dengan Diplomasi Kelas Dunia. (Foto : iNewsBogor.id/Ist.)

BOGOR, iNews.id - Kegiatan Youth Innovation Festival (YIF) melibatkan kalangan muda perwakilan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Jawa Barat berjalan sukses. Puncak acara dielenggarakan secara daring dan luring di Alun-alun Kota Bogor, Minggu, (21/8/2022).

Kegiatan tersebut merupakan inplementasi hasil Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Y-20 yang diikuti ribuan anak muda Indonesia, guna membahas tuntas empat tema prioritas Y-20.

Hadir sebagai pembicara di acara yang digekar pagi hingga malam hari sejumlah sosok kalangan muda sukses dibidangnya mulai dari business leader, community leader, dan ekspatriat.

Di penghujung acara  YIF tersebut hadir  Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil berhasil menyedot perhatian anak muda yang memenuhi lokasi acara. Didampingi tiba hampir Wali Kota Bogor Bima Arya dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Herawanto serta sejumlah tokoh muda Jawa Barat.

Ridwan Kamil didaulat naik podium untuk menyampaikan kesan dan pesan terkait masa depan anak muda yang nantinya akan berperan membangun bangsa.

Acara juga diisi dengan sesi pengukuhan perwakilan 985 Mahasiswa terpilih dari sejumlah Perguruan Tinggi se-Jawa Barat yang merupakan Generasi Baru Indonesia (GenBI) sebagai penerima beasiswa dari Bank Indonesia.

Ridwan Kamil juga melakukan sejumlah interaksi tanya jawab kepada para audience dan diakhiri dengan pemberian hadiah uang tunai, gelak tawa audience mewarnai pada saat sesi interaksi tersebut. Dia mengapresiasi kaum muda yang sudah terlibat dalam pelaksanaan YIF berkelas internasional itu, menandakan bahwa generasi muda Indonesia siap menghadapi segala ketidakpastian yang ada saat ini.


Walikota Bogor Bima Arya saat menyampaikan pidato di Acara Puncak YIF 2022 di Alun Alun Kota Bogor, Minggu (21/8/2022).                   (Foto : iNewsBogor.id/ist.)
 
 
"Saya apresiasi panitia dari Y20, media tolong apresiasi anak-anak muda ini, masih muda sudah mengorganisasikan kegiatan internasional. Nanti disuatu saat mereka menjadi pemimpin, sudah terbiasa diplomasi di dunia," ungkapnya kepada wartawan, Minggu 18 Agustus, Malam.

Dia mengaku, pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar menampung segala bentuk sinergitas yang diinisiasi oleh para anak muda melalui berbagai konteks untuk mendorong wujud nyata karya-karya anak anak muda.Ia mencontohkan, gebrakan Pemrov Jabar yang membangun sejumlah Creative Center disejumlah daerah sebagai sarana pendukung dan bentuk fasilitas ruang publik yang mayoritas digunakan oleh para pemuda.

"Jabar merespon berbagai aspirasi hingga inspirasi dari para pemuda terkait inklusifitas masa depan pekerjaan revolusi digital, itulah kebangaan kami. Kita tunggu kesuksesannya di Y20 summit di November di bali," pungkasnya.

Senada, Wali Kota Bogor Bima Arya juga menyematkan rasa bangga atas pencapaian dan peran aktif anak muda yang mendorong roda kreatifitas sebagai cikal bakal kemajuan bangsa.


Foto : iNewsBogor.id/ist.

 

"Kita berkolaborasi menyelenggarakan acara ini dengan mengundang para inspirator muda dari berbagai bidang, dan tercatat yang datang seribuan," katanya

Bima Arya sangat mendukung kegiatan yang dimotori para kaum milenial tersebut, dengan harapan akan muncul generasi penerus bangsa yang bermental kokoh ditengah tatangan era digitalisasi saat ini.

"Mereka yang datang dari berbagai kota. Ini kolaborasi yang luar biasa. Dan acara ini berlangsung tanpa APBD, ini murni hasil kreatifitas mereka,"  tuturnya.

Diketahui, rangkaian YIF sendiri sudah dimulai sejak bulan Mei 2022 dengan sejumlah rangkaian pre-event yang sudah dilaksanakan di 3 kota, yaitu Bogor, Depok, dan Bekasi.

Sementara, untuk pelaksanaan YIF di Alun-alun Kota Bogor berlangsung sangat meriah, walau sempat diguyur derasnya hujan para audience tetap antusias mengikuti jalannya acara.Adapun rangkaian acara diisi dengan beragam hiburan seperti music, penampilan tarian seni budaya hingga beragam diskusi yang diisi oleh para narasumber kompeten seperti, Deputi Gubernur Bank Indonesia Doni Primanto Joewono, CEO Indozone Riel Tasmaya dan sejumlah tokoh lainya.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut