get app
inews
Aa Read Next : Open House Lebaran, Bima Arya Titip ke Tokoh Lintas Agama Jaga Keberagaman

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka Pantau Langsung Penyaluran BLT BBM di Kota Bogor

Kamis, 15 September 2022 | 17:45 WIB
header img
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka Pantau Langsung Penyaluran BLT BBM di Kota Bogor. (Foto : iNewsBogor.id/ist.)

BOGOR, iNews.id - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka melakukan kunjungan kerja sekaligus monitoring dan evaluasi penyaluran bantuan sosial tahun 2022 di Kantor Pos Jalan Juanda Kota Bogor, pada Kamis (15/9/2022).

Terdata ada sebanyak 61 ribu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Bogor yang menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM). Mereka akan menerima Rp500 ribu yang terdiri BLT BBM dan bantuan sembako.

Diah Pitaloka mengatakan, kunjungan kerja ini untuk memantau langsung penyaluran BLT sebagai respon pemerintah atas kenaikan harga BBM yang penyalurannya melalui PT Pos Indonesia.


Foto : iNewsBogor.id/ist.

 

"Insyaallah berjalan lancar, saya lihat juga distribusi logistiknya melalui PT Pos. Mungkin ada kluster seperti Kota Bogor mudah diakses, tapi ada daerah-daerah 3T (terpencil, terjauh dan terdalam) ini dihampiri oleh PT Pos," ungkapnya.

Setiap KPM menerima uang tunai dengan jumlah Rp500 ribu. Untuk di Kota Bogor, sambung Diah, ada sebanyak 61 ribu KPM yang menerima BLT BBM.

"Jadi totalnya Rp500 ribu, untuk bantuan sembako langsung dua bulan sebesar Rp300 ribu dan Rp200 ribu," kata politisi PDI Perjuangan itu.

Diah juga berharap dalam dua pekan ini penyaluran anggaran untuk BLT BBM sebesar Rp27 triliun se-Indonesia berjalan sesuai jadwal dan tepat waktu.


Foto : iNewsBogor.id/ist.

 

"Kita berharap pembagiannya lancar. Saya juga berharap ibu-ibu ini konsumsinya, konsumsi yang bagus bagi anak-anaknya," ujarnya.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim yang hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan pemerintah daerah Kota Bogor berterimakasih kepada pemerintah pusat telah memberikan perhatian kepada masyarakat yang terdampak langsung maupun tidak langsung atas kenaikan harga BBM.

"Saya juga berharapnya setelah menerima BTL ini langsung dibelanjakan konsumsi, sehingga inflasi di Kota Bogor bisa menurun. Presiden kemarin berpesan bahwa kepala daerah harus memperhatikan inflasi daerah," ucap Dedie.


Foto : iNewsBogor.id/ist.

 

Ditempat yang sama, Executive Vice President Regional VI PT Pos Indonesia, Istiqomah Syariah menyatakan pihaknya siap untuk menyukseskan distribusi bantuan sosial di seluruh wilayah yang ada di Jabodetabek dan Banten. Khusus wilayah Bogor berlangsung mulai hari ini dan target selesai pada Sabtu (17/9).

Kantor Pos juga membagi penyaluran BLT BBM per wilayah kecamatan hingga kelurahan yang ada di Kota Bogor.

"Untuk komunitas yang disabilitas, lanjut usai (lansia) langsung kami antar ke alamat rumah masing-masing. Untuk yang tidak masuk ke kategori itu bisa mengambil di Kantor Pos," katanya.

Dalam kunjungan kerja Diah Pitaloka di Kota Bogor turut dihadiri Direktorat Pemberdayaan Kelompok Rentan Ditjen Pemberdayaan Sosial pada Kementerian Sosial, Erna Susanti dan Executive General Manager Kantor Cabang Utama (KCU) Pos Indonesia Bogor Andi Ayu Tari serta Kepala Dinas Sosial Kota Bogor, Fahrudin.

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut