Logo Network
Network

Ternyata Masjid Az-Zikra Tempat Reuni 212 Awalnya Bernama Masjid Muammar Qaddafy

Sujoni
.
Selasa, 30 November 2021 | 17:06 WIB
Ternyata Masjid Az-Zikra Tempat Reuni 212 Awalnya Bernama Masjid Muammar Qaddafy
Masjid Az-Zikra Sentul, Kabupaten Bogor. Foto: masjidazzikra.business.site

Bogor, iNews.id – Tahukah Anda, Masjid Az-Zikra di Sentul, Kabupaten Bogor yang rencananya menjadi tempat Reuni 212 dulunya bernama Masjid Muammar Qaddafy. Reuni 212 ini tidak diselenggarakan di kawasan Monas dan Bundaran Patung Kuda, Jakarta Pusat karena ttak mendapat izin dari pihak kepolisian. 

Seperti dikutip dari laman khazanahmasjid.com, masjid ini dinamakan mantan Presiden Libya lantaran keseluruhan biaya pembangunannya ditanggung World Islamic Call Society (WICS) organisasi dakwah Islam dunia yang berpusat di Tripoli, Libya. Kemudian, pada 2011 akhirnya menjadi Masjid Az-Zikra.

Masjid Az-Zikra yang berlokasi di Perumahan Muslim Bukit Azzikra Sentul, Cimpambuan, Babakan Madang, Sentul Selatan dibangun dengan anggaran pembangunan tahap pertama Rp36,9 miliar dan tahap kedua Rp23 miliar untuk membangun taman, area parkir, serta pesantren. Pembangunan tahap pertama selesai pada Februari 2009 dibangun di atas lahan seluas 12.600 meter persegi terdiri dari bangunan masjid, convention hall dilengkapi menara setinggi 57 meter dengan lift dan air mancur. Masjid berlantai tiga ini mampu menampung 22 ribu jamaah.

Tiga bangunan utama terdiri dari bangunan terbesar di tengah dan sepasang bangunan serambi yang mengapit bangunan utama. Peruntukan bangunan utama selain untuk salat dan zikir bersama juga ada bagian untuk kantor sekretariat rumah tangga masjid, fasilitas pemuliaan jenazah, dan perpustakaan.

Follow Berita iNews Bogor di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.