get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Pranowo dan Gibran Olahraga Bareng di Bogor Sabtu Mendatang

Ternyata Masjid Az-Zikra Tempat Reuni 212 Awalnya Bernama Masjid Muammar Qaddafy

Selasa, 30 November 2021 | 17:06 WIB
header img
Masjid Az-Zikra Sentul, Kabupaten Bogor. Foto: masjidazzikra.business.site

Arsitektur masjid ini memadukan karakter universal arsitektur islam dengan ciri arsitektur lokal tropis. Elemen karakter universal arsitektur Islam ditandai dengan adanya kubah, portal, lengkung, minaret, ornamen bintang delapan dan kaligrafi. Sementara, karakter atap tajuk piramida, emperan besar, empat tiang penyangga keliling menjadi ciri lokal kehadiran arsitektur tropis.

Terdapat beberapa makna simbolis Islam yang terdapat pada bangunan masjid antara lain 7 lapis lantainya yang merujuk kepada 7 sunah harian utama yang dijalankan para pecinta zikir. Tujuh lapis lantai ini juga sekaligus cerminan maqom, tingkat kedekatan seorang hamba terhadap sang khalik.

Masjid ini juga didominasi warna putih. Perlambang jiwa yang bersih. Tampilan kesederhanaan pendiri masjid almarhum Ustaz Arifin Ilham yang selalu berpakaian putih-putih. Tampilan warna lain muncul secara wajar alamiah seperti merah karena elemen genteng terakota dan hitam pada elemen batu alam.

Di teras luas bagian utara masjid terdapat 2 payung besar yang dapat dibuka dan ditutup dengan sistem mekanis. Disebutnya payung Nabawi karena merupakan replika payung sejenis yang ada di Masjid Nabawi. Saat ini baru 2 buah nantinya akan ada 6 buah merujuk pada jumlah rukun iman.

Editor : Hilman Hilmansyah

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut