get app
inews
Aa
Read Next : Open House Lebaran, Bima Arya Titip ke Tokoh Lintas Agama Jaga Keberagaman

Bima Arya Sebut Sholeh Iskandar Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional Sejak 2016

Rabu, 25 Januari 2023 | 10:17 WIB
header img
Seminar nasional pengusulan KH. Sholeh Iskandar sebagai pahlawan nasional. Foto: iNewsBogor.id/istimewa

Namun, sambung Muhadjir data itu cukup untuk menjadi modal awal sambil terus berjalan proses pengumpulan data-data, naskah akademik, kajian akademik melalui seminar-seminar, diskusi publik yang melibatkan akademisi, organisasi, sejarawan, komunitas dan sebagainya.

Setelah data itu dikumpulkan, kemudian direkonstruksi dari awal perjuangan kemerdekaan, pertengahan, hingga masa setelah kemerdekaan.

"Saya yakin kalau itu bisa disusun dengan sangat bagus bermanfaat, bukan saja bisa menjadi sebagai pahlawan nasional, tapi juga bisa memperkaya khasanah sejarah menjelang dan setelah kemerdekaan di Indonesia," ujarnya.

Pendalaman tentang sosok KH. Sholeh Iskandar ini penting untuk terus didalami peranannya melalui kajian dan riset yang kemudian dihasilkan sebuah rekomendasi penyusunan dari sejarahwan atau akademisi.

"Nah, nanti akan terus terungkap dan pasti terungkap mutiara-mutiara dari Kiai Sholeh Iskandar. Jadi Jawa Barat memang memiliki peran yang besar dan krusial, terutama ketika Indonesia ingin menyatukan kembali setelah terpecah saat sebelum kemerdekaan," katanya.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut