get app
inews
Aa Read Next : Jelang Porprov Jabar 2026, KONI Kota Bogor Memulai Test Fisik dan Cek Kesehatan Atlet

Waspada Penyakit Diabetes pada Anak, Berikut Tanda dan Gejalanya

Sabtu, 18 Februari 2023 | 17:06 WIB
header img
Waspada penyakit diabetes terhadap anak. Foto: iNewsBogor.id/istimewa

BOGOR, iNewsBogor.id - Penyakit diabetes atau kencing manis, bukan hanya menyerang kepada orang dewasa atau lansia saja. Para orang tua juga harus lebih waspada tentang penyakit diabetes yang menyerang anak.

Sebab, menurut Federasi Diabetes Internasional (IDF), diperkirakan 1,1 juta anak-anak dan remaja (di bawah usia 20) saat ini menderita diabetes tipe 1 di seluruh dunia.

Selain itu, lebih dari 132.000 anak dan remaja didiagnosis diabetes tipe 1 setiap tahun. Penyakit diabetes itu dibagi menjadi 3 tipe, yaitu tipe 1, tipe 2 dan Diabetes Gestational (terjadi pada ibu hamil).

Diabetes tipe 1 terjadi karena faktor genetik dan autoimun, kondisi di mana tubuh tidak bisa menghasilkan insulin dengan cukup karena adanya kerusakan pada sel pankreas. Jenis diabetes ini merupakan kelainan autoimun dan seringnya diderita oleh anak-anak dan remaja.

Diabetes tipe 2 atau diabetes melitus adalah penyakit jangka panjang yang terjadi ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin secara efektif. Penyakit ini adalah kondisi umum yang menyebabkan kadar gula (glukosa) dalam darah menjadi terlalu tinggi.

Tidak hanya itu, ada juga jenis diabetes tipe 2 karena kegemukan, pola makan tidak seimbang, sampai gaya hidup tidak sehat.

Kendati demikian, gejala diabetes pada anak dan remaja jarang disadari oleh orang tua. Padahal, semakin cepat disadari, anak bisa mendapat perawatan dan melakukan tindakan pencegahan yang dibutuhkan.

Tanda dan gejala diabetes tipe 1 pada anak biasanya berkembang dengan cepat, berikut di antaranya:

1. Meningkatnya rasa haus
2. Sering buang air kecil, mungkin mengompol pada anak yang terlatih menggunakan toilet
3. Rasa lapar yang ekstrim
4. Penurunan berat badan yang tidak disengaja
5. Mudah Kelelahan
6. Iritabilitas atau perubahan perilaku
7. Nafas berbau buah

Tidak ada obat untuk diabetes tipe 1 pada anak-anak, tetapi kondisi ini dapat dikelola. Pasien diabetes anak harus menjalani manajemen gula darah dengan cara mengubah pola makan dan gaya hidup secara teratur.

Jadi tunggu apalagi sobat iNewsBogor.id, cek kesehatan tubuh Anda sekarang juga.. Salam sehat.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut