get app
inews
Aa Read Next : JakCloth Ramadhan di Bogor Bagi-bagi Voucher Buat Belanja di Ramayana, Catat Lokasinya

Kapan Malam Lailatul Qadar, Berikut Tanda Datangnya Malam Penuh Kemuliaan Itu

Selasa, 11 April 2023 | 15:00 WIB
header img
Malam Lailatul Qadar. Ilustrasi/Sindonews

BOGOR, iNewsBogor.id - Bulan suci Ramadhan, bulan penuh ampunan. Bulan dimana semua rahmat Allah turunkan, ada malam Nuzulul Qur'an dan juga malam Lailatul Qadar.

Sepuluh hari terakhir puasa Ramadhan sangat istimewa bagi umat Islam, salah satunya karena ada peristiwa malam lailatul qadar. Hari ini, Masyarakat Muslim Indonesia memasuki hari ke-20 puasa, Selasa (11/4/2023).

Lailatul Qadar adalah malam istimewa turunnya Al-Quran secara keseluruhan. Malam ini digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. 

Hal ini sebagaimana disebutkan di dalam Al-Qur’an, surat Al-Qadr, ayat 1-3 sebagai berikut:

Artinya: “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?, Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan”

Tidak ada yang tahu pasti, kapan malam Lailatul Qadar terjadi namun menurut beberapa hadis dan pendapat ulama, malam penuh berkah ini terjadi pada hari-hari terakhir puasa dan pada malam ganjil.

Namun, Rasulullah dalam sebuah hadis menyebutkam bocoran kapan malam lailatul qadar terjadi, yakni tanggal ganjil 10 hari terakhir Ramadan.

Dari Aisyah r.a. Ia menuturkan, "Sesungguhnya Rasulullah s.a.w. bersabda, "Carilah malam Qadar pada malam-malam ganjil pada sepuluh terakhir bulan Ramadhan”. (Hadis Shahih, riwayat al-Bukhari: 1878 dan Muslim: 1998).

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut