get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis 2022 Pakai Bus Eksekutif, Pulang Kampung Nyaman

Wali Kota Bogor Dukung Masjid Al Hijri Universitas Ibn Khaldun Jadi Pusat Peradaban Islam

Jum'at, 14 April 2023 | 23:24 WIB
header img
Wali Kota Bogor Dukung Masjid Al Hijri Universitas Ibn Khaldun Jadi Pusat Peradaban Islam. (Foto : iNewsBogor.id/ist.)

BOGOR, iNewsBogor.id - Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan, menjadikan masjid sebagai pusat peradaban adalah ikhtiar yang mulia. Tetapi sungguh tidak mudah, karena banyak keterbatasan, ada kendala penganggaran, perencanaan, masalah SDM dan lainnya. Tapi tentu ikhtiar itu tidak boleh putus. Bima Arya pun menyambut baik ide dari UIKA yang ingin para rektorat berkantor di masjid.

Hal itu disampaikan Wali Kota Bogor Bima Arya saat memberikan sambutan peresmian Masjid Al Hijri 2 berlokasi di kawasan Kampus Uiversitas Ibn Khaldun, Jalan KH Sholeh Iskandar Tanah Sareal Kota Bogor, Selasa, (11/4/2023).

"Di ujung masa jabatan saya dan pak wakil pada 31 Desember 2023, kami betul-betul ingin berikhtiar semaksimal mungkin yang belum tuntas, tunai, selesai, sempat dijanjikan, ini betul-betul dituntaskan. Salah satunya pembangunan masjid," katanya.


Wali Kota Bogor Bima Arya saat menyerahkan bantuan untuk Masjid Al Hijri Universitas Ibn Khaldun. (Foto : iNewsBogor.id/ist.)
 
 
Menurutnya, Masjid Al Hijri ini akan menjadi masjid kebanggaan Kota Bogor. Hal ini karena masjid menyatu dengan lembaga pendidikan UIKA. Jika ingin bercita-cita menjadi pusat peradaban, sungguh sangat memungkinkan dan sangat mulia.

Pihaknya pun sejak awal ingin menjadi bagian dari ikhtiar besar ini. Namun, Pemkot Bogor harus berbagi dengan masjid Agung Kota Bogor yang juga harus segera dituntaskan karena sempat tersendat.

"Hari ini secara simbolis kami menyerahkan bantuan kepada Masjid dan Universitas sejumlah Rp 250 juta. Jumlah ini belum tentu ideal karena harus berbagi dengan kebutuhan masjid yang lain. Tapi mudah-mudahan bisa sedikit meringankan dan dipercepat ikhtiar bersama untuk menjadikan masjid ini sebagai pusat peradaban," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Bogor, Bima Arya meresmikan lantai 2 Masjid Al Hijri Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor sekaligus menyerahkan secara simbolis bantuan hibah Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sebesar Rp 250 juta.


Foto bersama Bima Arya dengan jajaran Rektorat UIKA Bogor dan pengurus Masjid Al Hijri usai peresmian. (Foto : iNewsBogor.id/ist.)
 
 
Sebelumnya di tempat yang sama, Rektor UIKA Bogor Prof Endin Mujahidin, mengutarakan ihwal keberadaan Masjid Al Hijri, tidak hanya sekedar menjadi tempat ibadah, juga diproyeksikan menjadi kantor bagi pimpinan UIKA, tepatnya di lantai 4 masjid.

"Insya Allah rektor, wakil rektor, kepala lembaga akan pindah ruangan ke lantai 4 di masjid ini Agustus mendatang. SOP-nya sebelum ngantor harus melakukan sholat tahiyat masjid terlebih dahulu," ujar Rektor UIKA Bogor, Prof Endin Mujahidin saat sambutan.

Rektor UIKA mengatakan, alasan pimpinan rektor UIKA berkantor di masjid bukan tanpa alasan. Pasalnya, ia ingin masjid ini menjadi pusat peradaban dan perubahan masyarakat secara islami. Mulai dari perubahan, pengembangan ilmu dan seluruh kegiatan terpusat di masjid.


Para jamaah saat hadir dalam peresmian Masjid Al Hajri UIKA Bogor. (Foto : iNewsBogor.id/ist.)

 

"Ini tidak bisa dilakukan tanpa kerja sama kita semua. Dan terima kasih kepada Pemerintah Kota Bogor yang selalu memberikan hibah bantuan bagi pembangunan masjid ini serta pihak lain hingga terkumpul anggaran sebesar Rp 2 Miliar lebih. Semoga Masjid ini bisa selesai semuanya pada 2024 mendatang," katanya.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut