get app
inews
Aa Read Next : Eka Hospital Cibubur dan AdMedika Resmikan Executive Lounge untuk Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Permanen dan Cara Mengatasinya

Selasa, 02 Mei 2023 | 10:21 WIB
header img
Cara menghilangkan bau ketiak. Foto: iNewsBogor.id/istimewa

Untuk itu, ikuti ulasan penyebab dan cara menghilangkan bau ketiak secara permanen berikut.

PENYEBAB BAU KETIAK SECARA ILMIAH

Secara ilmiah, bau ketiak disebabkan oleh bakteri jahat yang bisa memicu munculnya bau pada tubuh. Kondisi ketiak yang lembap menjadi salah satu penyebab bakteri tersebut berkembang biak dengan semakin mudah. 

Seorang dosen mikrobiologi dari University of York, Dan Bawdon, pernah melakukan penelitian terkait masalah bau badan dan ketiak. Hasilnya, ditemukan kesimpulan bahwa bau ketiak disebabkan oleh adanya interaksi antara kandungan pada keringat dengan mikrobiota aktif atau bakteri. 

Akibatnya, bakteri tersebut memproduksi senyawa dengan aroma menyengat bernama thioalchols. Senyawa inilah yang menyebabkan bau tidak sedap pada tubuh dan ketiak.

Bakteri pada ketiak sendiri dapat dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu corynebacteria dan staphylococci. Corynebacteria adalah jenis bakteri yang menimbulkan bau pada ketiak, sedangkan staphylococci merupakan bakteri yang tidak menyebabkan bau.

KEBIASAAN PENYEBAB BAU KETIAK

Selain faktor ilmiah, masalah bau ketiak juga bisa dipengaruhi kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari. Meski semua orang berkeringat, tak semua memiliki bau badan dan ketiak yang menyengat. Kebiasaan apa sih yang menyebabkan ketiak berbau?

1. Terlalu Banyak Merokok dan Konsumsi Alkohol

Selain membahayakan kesehatan, rokok dan alkohol juga dapat memicu bau ketiak. Hal ini disebabkan karena asap dan aroma rokok akan menempel di baju dan badan, sementara alkohol memiliki bau menyengat. Semakin sering seseorang merokok atau mengonsumsi alkohol, akan semakin berbau pula keringat yang dikeluarkan.

2. Mengidap Penyakit Tertentu

Ada beberapa jenis penyakit yang bisa membuat tubuh penderitanya memiliki bau lebih menyengat, salah satunya adalah diabetes. Hal itu disebabkan ketidakmampuan organ untuk bekerja secara sempurna. Oleh sebab itu, aturlah pola hidup kamu agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut