get app
inews
Aa Read Next : Reuni Akbar 60 Tahun IPB University Hadirkan Karya Legacy untuk Indonesia dan Dunia

Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Negara yang Terbanyak Menjajah di Dunia

Sabtu, 08 Januari 2022 | 09:05 WIB
header img
Perbudakan di masa penjajahan. Foto: Wikimedia Commonds

LONDON - Salah satu cara yang ditempuh suatu negara untuk memperluas wilayaha adalah dengan cara menjajah bangsa lain. Praktik kolonialisme tersebut dinilai dianggap menjadi strategi yang jitu bagi negara untuk mengambil alih dan memanfaatkan sumber daya alam dan manusia dari wilayah jajahannya untuk kepentingan tertentu. 

Namun, praktik ini tentu menimbulkan dampak buruk bagi negara yang merasakan pengaruh kolonialisme negara lain. Berikut ini beberapa negara yang paling banyak memiliki wilayah jajahan di penjuru dunia

1.    Inggris 

Melansir Indy 100, Inggris merupakan negara yang memiliki daerah jajahan paling banyak dibandingkan dengan negara lain. Negara ini telah menjajah 115 negara termasuk Australia, Selandia Baru, Kanada, Papua Nugini, dan masih banyak lagi. 

Melansir World Atlas, meskipun memiliki wilayah negara yang tidak begitu luas dan terpisah dari daratan utama Eropa, Inggris mampu menumbuhkan kerajaan terbesar dalam sejarah, bahkan hingga kini. 

Sejarawan berpendapat Kerajaan Inggris dapat memperoleh kesuksesan besar dalam kolonialisme karena berinvestasi dalam pasukan yang tangguh serta bermitra dengan penduduk setempat untuk memperluas penyebaran wilayahnya. 

Editor : Hilman Hilmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut