get app
inews
Aa Read Next : Pekan Ta'aruf UIKA Bogor, Pengenalan Kampus dan Wawasan Kebangsaan Bagi Mahasiswa Baru

KH Sholeh Iskandar, Pejuang Kemerdekaan dan Perintis Peradaban Modern di Tanah Pasundan

Rabu, 04 September 2024 | 15:49 WIB
header img
xKH Sholeh Iskandar, ulama kharismatik dari Bogor yang berjuang gigih melawan penjajah dan berkontribusi besar dalam pembangunan pendidikan serta ekonomi umat. Foto: iNewsBogor.id/ Istimewa

BOGOR, iNewsBogor.id - "Jangan pernah melupakan sejarah," ungkapan ini sangat tepat untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi bangsa dan tanah air, hingga akhirnya kita semua dapat terbebas dari cengkeraman penjajah.

Di arah barat Kota Bogor, terdapat sebuah tempat bersejarah yang mungkin belum banyak diketahui. Di tempat itulah, seorang ulama kharismatik, KH Sholeh Iskandar, memulai peradaban di salah satu titik penting di negeri ini, yang dikenal sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia.

Nurdin Alazis, bersama Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah Kota Bogor, mencatat bahwa nama KH Sholeh Iskandar sudah tidak asing lagi bagi warga Bogor. Namanya diabadikan menjadi nama jalan protokol, yang menjadi lokasi berdirinya kampus dan rumah sakit Islam di Kota Hujan.

Lahir di Pasarean, Cibungbulang, pada 22 Juni 1922, KH Sholeh Iskandar sejak kecil telah mengenyam pendidikan di pesantren. Sosoknya dikenal sebagai tokoh perjuangan di era awal kemerdekaan yang sangat disegani, terutama di Tanah Pasundan. Meskipun terkenal sebagai sosok yang alim, KH Sholeh Iskandar tidak pernah mengabaikan penindasan yang dilakukan oleh penjajah. Ilmu agama dan kepribadiannya yang kuat menjadi modal utama mengapa beliau sangat gigih dalam melawan penjajahan Belanda.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut