get app
inews
Aa Read Next : Open House Lebaran, Bima Arya Titip ke Tokoh Lintas Agama Jaga Keberagaman

Lestarikan Ngumbah Kujang Sebagai Tradisi Kota Bogor Dirangkain HJB

Sabtu, 10 Juni 2023 | 19:30 WIB
header img
Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim di rangkaian HJB Bogor ke 541, tradisi ngumbah kujang di Tugu Kujang Kota Bogor. Foto: iNewsBogor.id/istimewa

BOGOR, iNewsBogor.id - Tradisi Ngumbah Kujang selalu dilakukan dalam rangkaian Hari Jadi Bogor (HJB). Di usianya yang kini menginjak 541 tahun, Tugu Kujang kembali dibersihkan oleh segenap tim yang terdiri dari berbagai unsur pada Jumat (9/6/2023) pagi.

Diantaranya personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Pemadam Kebakaran (Damkar), anggota Yonif 315/Garuda didampingi para budayawan dan sesepuh Kota Bogor. Ngumbah Kujang juga disaksikan langsung Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim.

"Kang Tjetjep Thoriq yang menginisiasi mulainya mengumbah Kujang di tahun 90. Ini menjadi bagian dari tradisi kota Bogor di dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke setiap tahun," ungkap Dedie Rachim.

Kata Dedie, prosesi ini sempat terhenti imbas dari pandemi Covid-19. Namun dengan kondisi yang membaik ke depan, Dedie berharap tradisi ini bisa dilestarikan.

"Tujuannya untuk mengenang dan mengingatkan betapa leluhur - leluhur kita punya satu visi mempersatukan bangsa melalui sebuah kesamaan simbol berupa Kujang," sahutnya.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut