get app
inews
Aa Read Next : Oknum HMI Demo Anarkis di Kementerian Investasi, Pukul Petugas dan Rusak Fasilitas Negara

Kembali Gelar Demonstrasi, SEMARA Desak ESDM Cabut IUP CV Rezky Utama

Kamis, 20 Juli 2023 | 17:11 WIB
header img
SEMARA menggelar demonstrasi di depan gedung Ditjen Minerba dan Kemenhub, Jumat (7/7/2023). Mereka menuntut Ditjen Minerba tak menerbitkan RKAB CV Rezky Utama. (Foto: Dok. SEMARA).

JAKARTA, iNewsBogor.id - Serikat Mahasiswa Nusantara (SEMARA), kembali menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Direktorat Jendral Mineral dan Batubara (Dirjen Minerba) dan gedung Direktorat Jendral Perhubungan Laut (Dirjen Hubla), Jum’at (7/7/2023).

Mereka mendesak Dirjen Minerba, Rida Mulyana, untuk menolak Penerbitan Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) CV Rezky Utama serta mengeluarkan rekomendasi pencabutan Izin Usaha Pertambangan (IUP)-nya yang berada di Desa Ganda Ganda, Kecamatan Petasia, Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah.

Presidium SEMARA, Ahmad, mengatakan pihaknya meminta Rida Mulyana untuk tidak menerbitkan RKAB serta memberikan rekomendasi pencabutan IUP CV Rezky Utama kepada pemerintah. 

Pasalnya, kata dia, CV Rezky Utama yang berkolaborasi bersama Perusahaan Tambang Nusantara (PTN) dalam melakukan ilegal mining dan penjualan ore nikel tanpa mengantongi izin RKAB dan izin lainnya.

“Kami menduga CV Rezky Utama yang berkolaborasi bersama Perusaahan Tambang Nusantara melakukan pengangkutan maupun penjualan ore nikel ilegal di Morowali Utara dan dibekengi oleh oknum-oknum yang memiliki jabatan strategis di pemerintahan. Sehingga mereka dengan leluasa melakukan aktivitas pertambangan walaupun belum mengantongi RKAB. Untuk itu kami mendesak Dirjen Minerba agar menolak penerbitan RKAB serta mengeluarkan rekomendasi pencabutan IUP CV Rezky utama kepada pemerintah," kata Ahmad.

Ahmad mengatakan pihaknya telah menggelar aksi ketiga kalinya di depan gedung Dirjen Minerba dengan kasus yang sama. Ia meminta Rida Mulyana agar segera memenuhi tuntutan mereka.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut