get app
inews
Aa Read Next : Wafat di Usia 80 Tahun, Ini Pesan Lanny Gumulya untuk Atlet Muda

GERAK 08 Sebut Indonesia Butuh Pemimpin Independen-Kreatif Hadapi Dinamika Global, Ini Sosoknya

Minggu, 24 September 2023 | 14:35 WIB
header img
Capres 2024: Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan. (Foto: istimewa).

JAKARTA, iNewsBogor.id - Ketua Umum Gerakan Ekonomi Kreatif 08 (GERAK 08), Revitriyoso Husodo, menyatakan bahwa Indonesia saat ini menghadapi krisis multidimensional yang dipicu oleh perkembangan geopolitik yang tidak stabil. Dalam pandangannya, untuk mengatasi tantangan ini, Indonesia membutuhkan kepemimpinan nasional yang tegas, independen, dan kreatif.

Husodo juga menyoroti peluang bagi Indonesia untuk mengambil peran yang lebih besar dalam dunia yang semakin multipolar.

"Indonesia membutuhkan kepemimpinan nasional yang tegas, independen serta kreatif agar dapat terlepas dari krisis," kata Revitriyoso dalam keterangan tertulis Minggu (24/9/2023).

Dampak dari pandemi Covid-19 dan konflik di Ukraina-Rusia telah menciptakan periode ketidakpastian yang disebut sebagai masa ketidakpastian. Komunike Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang digelar di Bali pada Oktober 2022 menyatakan bahwa dunia tengah dihadapkan pada berbagai krisis, termasuk krisis pangan, energi, iklim, dan mata uang. 

Menurut Revitriyoso, ancaman-ancaman ini berdampak langsung pada kondisi di Indonesia, mulai dari tingkat nasional hingga dampak lokal seperti melambungnya harga kebutuhan pokok.

Di tingkat regional, Presiden Joko Widodo pada Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN 2023 menyampaikan tekad Indonesia untuk menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dan kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera. 

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut