get app
inews
Aa Read Next : KONI Kabupaten Bogor Dukung PORDASI Jadi Tuan Rumah Cabor Equestrian Porprov Jabar 2026

APBD Tembus 10 Triliun, Ketua DPRD: PAD Kabupaten Bogor Masih Bisa Naik

Sabtu, 14 Oktober 2023 | 17:46 WIB
header img
Warga Desa Cimande Jaya Kecamatan Caringin sedang membangun jalan desa yang dibiayai program Bantuan Keuangan dari Pemkab Bogor. (Foto : Istimewa)

Menurut Heri, dengan meningkatnya APBD akan dapat lebih mengakomodir kebutuhan masyarakat Kabupaten Bogor sesuai dengan skala prioritas pembangunan.

Heri mengakui dari sisi potensi pendapatan masih banyak sektor yang masih berpeluang besar menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Saat ini PAD masih di bawah Rp4 triliun. Maka perlu adanya ekstensifikasi dan intensifikasi melalui Bappenda dengan melakukan upaya identifikasi, verifikasi, mengklasifikasi wajib pajak dan retribusi. Apalagi Bappenda bersifat eksklusif dimotivasi dengan upah pungut. Bappenda harus jeli dengan potensi-potensi itu dan bisa di-forecast, diramalkan," terang dia.

Mengenai beberapa kegiatan yang bersumber dari dana APBD yang dalam pelaksanaannya masih belum optimal, Heri menegaskan parameter dan outcome-nya akan diketahui pada akhir tahun."Ada ga yang tidak terserap, lewat tahun, itu menjadi evaluasi kita," tukasnya.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut