get app
inews
Aa Read Next : KPU: Prabowo-Gibran Resmi Terpilih Presiden dan Wakil Presiden Pemilu 2024

Resmi Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI, Siap Jaga Netralitas di Pemilu 2024

Selasa, 21 November 2023 | 23:05 WIB
header img
Resmi, Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI, Fokus Jaga Netralitas di Pemilu 2024. (Foto : Okezone/Ist)

JAKARTA, iNewsBogor.id - Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal Agus Subiyanto, sukses melewati serangkaian uji kelayakan dan kepatutan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Ia akan dilantik menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono pada Rabu (22/11/2023).

Lewat Rapat Paripurna Ke-9 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024 di Gedung Nusantara II, Jakarta, pada Selasa (21/11/2023), DPR menyetujui pengangkatan Agus sebagai Panglima TNI. Rapat paripurna tersebut dipimpin oleh Ketua DPR Puan Maharani, dihadiri para anggota DPR baik secara luring maupun daring.

Proses persetujuan Agus sebagai Panglima TNI berjalan dengan relatif mulus. Usulan Presiden Joko Widodo disampaikan kepada DPR hanya dalam satu pekan setelah Agus dilantik sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD). Pada Selasa (31/10/2023), surat usulan pengangkatan Agus sebagai Panglima TNI dan pemberhentian Laksamana Yudo Margono dibacakan oleh Puan Maharani dalam rapat paripurna.

Agus Subiyanto, lulusan Akademi Militer tahun 1991 dan mantan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) tahun 2020-2021, mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR pada Senin (13/11/2023). Setelah dua jam uji kelayakan, usulan pengangkatan Agus sebagai Panglima TNI dinyatakan disetujui oleh fraksi-fraksi di Komisi I DPR.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut