get app
inews
Aa Read Next : KPU: Prabowo-Gibran Resmi Terpilih Presiden dan Wakil Presiden Pemilu 2024

IDI Kabupaten Bogor Beri Pelatihan Penanganan Henti Jantung Petugas Pemilu 2024

Jum'at, 15 Desember 2023 | 08:44 WIB
header img
IDI Kabupaten Bogor Beri Pelatihan Penanganan Henti Jantung Petugas Pemilu 2024. (Foto: Istimewa)

BOGOR, iNewsBogor.id - Tingginya angka kematian petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) tahun 2019 sebesar 894 orang dan 5.175 mengalami sakit menjadi perhatian Ikatan Dokter Indonesia Kabupaten Bogor.

Ketua IDI Kabupaten Bogor Dr. Kornadi mengatakan agar angka kematian akibat keadaan henti jantung karena kelelahan bisa diminimalisir, pihaknya menggandeng jajaran Polres Bogor untuk mengadakan pelatihan Bantuan Hidup Besar di Mapolres Bogor awal Desember 2023 kemarin.

"Pelatihan ini dalam rangka operasi mantab brata 2024 untuk penguatan SDM agar pemilu aman dan meminimalisir kejadian meninggal akibat henti janting karena kelelahan," kata Kornadi.

Ketua IDI Kabupaten Bogor Dr. Kornadi, mengatakan, keadaan jantung berhenti saat ini menjadi penyebab tertinggi kasus kematian di dunia. Karena dapat terjadi kapan saja, di mana saja, dan tidak tau kapan salah satu faktor disebabkan oleh berbagai kondisi dan lingkungan yang beragam.


Ketua IDI Kabupaten Bogor, Dr. Kornadi dan Wakapolres Bogor, Kompol Fitria Zuanda. (Foto : Istimewa)

 

"Untuk itu kita di sini untuk melatih membantu mengarahkan bagaimana cara teknik untuk pertolongan awal dengan menolong nyawa seseorang pasca terkena henti jantung,” kata Dr. Kornadi.

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut