get app
inews
Aa Read Next : Wafat di Usia 80 Tahun, Ini Pesan Lanny Gumulya untuk Atlet Muda

Profil Rizal Ramli, Tokoh Ekonomi Indonesia yang Tutup Usia di Umur 69 Tahun

Selasa, 02 Januari 2024 | 23:00 WIB
header img
Rizal Ramlie meninggal dunia. (Foto: Dok. iNews.id).

JAKARTA, iNewsBogor.id - Malam ini (2/1/2024), Indonesia kehilangan salah satu tokoh ekonomi terkemuka, Rizal Ramli, yang meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta. Kabar ini dikonfirmasi oleh Ekonom Indonesia, Anggito Abimanyu.

Rizal Ramli, lahir pada 10 Desember 1954 di Padang, Sumatera Barat, merupakan seorang mantan aktivis mahasiswa yang kemudian menjadi pakar ekonomi. Ia merintis perjalanan hidupnya dengan melewati berbagai rintangan.

Sebagai anak yatim-piatu, Rizal Ramli harus membiayai sendiri kuliahnya di Institut Teknologi Bandung (ITB), yang kemudian membawanya dekat dengan realitas kehidupan masyarakat.

Pada tahun 1978, Rizal Ramli terlibat dalam gerakan menentang pemilihan kembali Soeharto sebagai presiden, mengakibatkannya dipenjara selama 18 bulan.

Setelah keluar dari penjara, ia menempuh pendidikan di luar negeri dan memperoleh gelar doktor dari Boston University, sebelum akhirnya pulang ke Indonesia.

Di tanah air, Rizal Ramli mendirikan Econit pada tahun 1992, sebuah lembaga pengkajian ekonomi yang memberinya reputasi sebagai kritikus kebijakan pemerintah yang dianggap tidak adil bagi masyarakat.

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut