get app
inews
Aa Read Next : Pakar Unhan Teguh Haryono Nilai Kebudayaan Merupakan Benteng Pertahanan Terbaik

Energi Baru Terbarukan dari Limbah Kelapa Sawit Kini Banyak Diburu Perusahaan Asing

Rabu, 31 Januari 2024 | 21:30 WIB
header img
Limbah Kelapa Sawit yang sudah bertransformasi jadi bahan baku energi hijau. (Foto : Istimewa)

BOJONEGORO, iNewsBogor.id - Produksi kelapa sawit Indonesia yang melimpah kini mencapai 56 juta ton per tahun, menghasilkan limbah berupa serasah berasal dari pelepah dan cangkang kelapa sawit. Limbah kelapa sawit yang awalnya tidak banyak dimanfaatkan tersebut, ternyata memiliki kadar sebagai bahan baku energi.

Seorang pengusaha muda asal Kota Minyak Bojonegoro Jawa Timur, Abi Maulana, telah berhasil membuktikannya. Ia mengolah limbah kelapa sawit menjadi bahan bakar padat sebagai energi bersih terbarukan ( EBT).

Lahir dari sebuah ide , gagasan dan beberapa kali eksperimen yang dilakukannya secara manual selama beberapa tahun bersama tim yang bernaung dibawah PT. Maulana Karya Persada, juga dukungan sejumlah patner dari kalangan akademisi, akhirnya berhasil memperkenalkan produk Indonesia di bidang Biomass Energi terbarukan.  Bahkan yang mencengangkan, menjadi produk terbesar dunia setelah CPO, dengan sebutan Mixing Biomas Pellet (MBP) yang spesifikasinya telah teruji oleh beberapa perusahaan Jepang , Korea dan Eropa sebagai sumber energy bersih terbarukan untuk menuju Clean Energy Global.


Abi Maulana usai penandatangan permintaan Biomass Pellet dengan pihak luar negeri. (Foto : Istimewa)

 

Permintaan akan energi bersih terbarukan (Sustainable Green Energy)  dalam dan luar negeri sangatlah masif. Terlebih ditopang himbauan secara Global untuk melakukan percepatan pergeseran dari energi Fosil ke Energy bersih (Clean Energy).

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut