get app
inews
Aa Read Next : Ormas Minta THR ke Warga, Kapolres Bogor Pastikan Bakal Tindak Tegas

Akses Tambang Batubara di Kalteng Ditutup Ormas, Lahan Negara Diakui Miliknya

Senin, 25 Maret 2024 | 12:38 WIB
header img
Jalan akses tambang batubara PT Tuah Globe Mining (TGM) di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng) ditutup. Foto: istimewa

JAKARTA, iNewsBogor.id - Jalan akses tambang batubara PT Tuah Globe Mining (TGM) di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng) ditutup sejak Sabtu (23/3/2024). Pelaku adalah oknum ormas F. 

"Tuntutan mereka agar TGM melakukan pembayaran ganti rugi tanah yang diklaim oleh Kepala Desa Dirung Koram, A," ujar kuasa hukum TGM, Onggo, Senin (25/3/2024). 

Permasalahan ini, kata dia, berawal dari klaim A bahwa ia memiliki tanah di lokasi tambang TGM seluas 100 ha. Yang padahal, kata Onggo sesungguhnya adalah tanah negara yang dipinjam-pakaikan kepada TGM atas dasar Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH). 

A lalu memberikan kuasa kepada ormas F untuk menuntut pembayaran dari TGM. 

"Padahal sesungguhnya A telah menandatangani kesepakatan di hadapan Pemerintah Kabupaten bahwa ia akan menunggu sampai adanya verifikasi dari Pemerintah Kabupaten tentang batas-batas tanahnya," jelas dia. 

Namun, lanjut Onggo, tampaknya A tidak sabar menunggu hasil verifikasi Pemerintah Kabupaten, hingga akhirnya ormas yang mengaku sebagai kuasa A melakukan penutupan jalan dan kegiatan tambang batubara TGM. 

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut