get app
inews
Aa Read Next : Anggota MPR: Dukungan Kemerdekaan untuk Palestina Harus Diperjuangkan Lebih Serius

Peringati Hari Alquds Sedunia, BARAQ Deklarasikan 6 Sikap Perlawanan terhadap Genosida Israel

Kamis, 04 April 2024 | 08:17 WIB
header img
Presidium BARAQ Abbas Husain (pertama dari kanan), Ketua Bidang Humas DPP ABI Dede Azwar (tengah), dan Fungsionaris BARAQ Hasan Munawar (kiri). Foto: Alpin/iNews.

Hasan juga mengungkapkan rencana BARAQ untuk memanfaatkan media sosial dalam upaya mereka memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Menurutnya, acara peringatan Hari Alquds Sedunia 2024 akan disiarkan secara langsung di berbagai platform media sosial.

"Insya Allah, acara ini juga akan disiarkan di media sosial, Youtube, Twitter, Facebook. Semua akan berjalan bersamaan di kota-kota yang menyelenggarakan acara ini," jelas Munawar.

Ia menambahkan, pada Jumat terakhir Ramadan atau tepat 5 April 2024, acara peringatan Alquds Sedunia akan ditayangkan secara langsung di channel Youtube Maula TV dan channel lain yang terintegrasi dengan BARAQ.

"Insya Allah di hari H, kita akan live-kan di channel Youtube Maula TV dan juga ada channel-channel lain yang memang sudah berkomunikasi dan sosialisasi dengan kita," kata Munawar.

Sebagai informasi, sejumlah lembaga dan komunitas yang setiap tahun memperingati Hari Alquds kini tergabung dalam BARAQ. Wadah ini bersifat nasional dan khusus untuk menjaga isu Palestina. Mereka juga mengawal isu-isu yang berkaitan dengan warga Palestina untuk mendapatkan hak-haknya.

Adapun BARAQ meyerukan enam poin sikap terkait tema tahun ini untuk memperkuat peringatan Hari Alquds Sedunia:

1. Apa yang terjadi di Palestina dan mengalami puncaknya akhir-akhir ini berupa agresi militer brutal terhadap jalur Gaza adalah sebentuk genosida terhadap rakyat Palestina yang dipraktikkan oleh entitas ilegal zionis dengan dukungan Amerika Serikat dan Barat.

2. Segala bentuk penjajahan sebagaimana yang dipraktikkan rezim zionis di Palestina sejak 1948 bertentangan dengan nilai-nilai dan prinsip kemanusiaan sehingga harus dihapuskan dari kehidupan umat manusia.

3. Dukungan AS, Barat dan para kakitangannya di Asia Barat terhadap rezim zionis membuktikan bahwa genosida rakyat Palestina adalah proyek penjajahan zionisme internasional sehingga harus dihadang dan dilawan secara total dan kompak oleh seluruh elemen kemanusiaan dan perlawanan semesta.

4. Bangsa Palestina yang dijajah memiliki semua hak untuk melawan penjajahan rezim zionis dengan segala cara yang legal, termasuk perlawanan bersenjata demi meraih kemerdekaan.

5. Mengapresiasi setinggi-tingginya langkah-langkah diplomatik dan kemanusiaan yang ditempuh Pemerintah Republik Indonesia selama ini dalam mendukung dan mengupayakan kemerdekaan bangsa Palestina.

6. Mengimbau dan mendorong para tokoh, ormas, dan forum-forum nasional maupun internasional untuk bersama-sama menegaskan bahwa bangsa Palestina berhak menentukan nasib dan masa depannya sendiri dan merdeka dari penjajahan.

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut