get app
inews
Aa Read Next : Hari Alquds Sedunia 2024, BARAQ Tolak Solusi 2 Negara Palestina-Israel

Baznas RI Tolak Donasi McDonalds, YKMI Apresiasi Ingatkan 10 Produk Lain Terafiliasi Israel

Senin, 08 April 2024 | 17:39 WIB
header img
Aksi Simpatik YKMI di depan kantor MUI pada Februari lalu (Foto : Istimewa/MJ)

JAKARTA, iNewsBogor.id - Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI) mendukung dan mengapresiasi pernyataan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk tidak lagi menerima bantuan dari produk yang terbukti terafiliasi seperti McDonalds. Keputusan Baznas RI ini diklaim langsung sesuai arahan dari Ketua Baznas RI Noor Achmad, Kamis, (4/4/2024).

Selama ini Baznas RI mendapatkan kritik dan kecaman dari dari berbagai elemen masyarakat karena mewadahi pencitraan dari produk-produk zionis seperti Danone AQUA, Unilever dan McDonalds untuk mendapatkan simpati masyarakat dengan memberikan sumbangan. Sumbangan tersebut seolah mendukung Palestina, padahal manajemen internasional (pusat) brand tersebut secara terang-terangan mendukung genosida.

"YKMI memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Ketua Baznas RI yang menyatakan saat ini mereka tidak lagi mengumpulkan donasi dari McDonalds yang merupakan produk terafiliasi dengan Israel," kata Direktur Eksekutif YKMI, Ahmad Himawan dalam keterangannya pada Minggu (7/4/2024) kemarin.

Himawan pun menilai sikap Baznas RI sudah sejalan dengan mayoritas sikap umat muslim Indonesia yang berupaya mendukung rakyat Palestina dengan memboikot produk terafiliasi Israel dan mematuhi Fatwa MUI No.83 Tahun 2023 tentang Dukungan Terhadap Palestina.

Tetapi sebenarnya tidak hanya pada McDonalds, YKMI juga mengingatkan ada 10 produk terafiliasi Israel yang sudah dirilis secara resmi oleh organisasi tersebut. Antara lain Starbucks, Danone, McDonalds, Nestle, Zara, Kraft Heinz, Unilever, Coca Cola Group, Mondelez dan Burger King.

Editor : Furqon Munawar

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut