get app
inews
Aa Read Next : Kisah Seorang Duda Temukan Kebenaran Pahit: Pasangannya Ternyata Masih Berstatus Menikah

Ramalan Jayabaya: Makna dan Pesan untuk Masa Depan Pulau Jawa

Kamis, 18 April 2024 | 14:07 WIB
header img
Ramalan Prabu Jayabaya soal dua pemimpin besar di Indonesia yang bakal saling jegal dan bermusuhan. Foto Ilustrasi SINDOnews

BOGOR, iNewsBogor.id - Prabu Jayabaya, penguasa Kerajaan Kediri, dikenal dengan ramalannya yang terkenal yang tercatat dalam Kitab Jangka Jayabaya yang sangat dikenal oleh masyarakat. Konon, terdapat ratusan bait kalimat ramalan dalam karya kitab yang dianggap sebagai peninggalan Jayabaya.

Ramalan Jayabaya konon dimulai dari bait 'Besuk yen wis ana kreta tanpa jaran', yang jika diartikan berarti jika sudah ada kereta tanpa kuda, 'barang jahat diangkat-angkat, barang suci dibenci', yang mengindikasikan bahwa kejahatan akan dihargai sedangkan kebaikan akan diabaikan, hingga 'Selot-selote mbesuk wolak - waliking zaman teka', yang artinya, lambat laun akan datang perubahan zaman yang mendadak.

Beberapa bait ramalan Jayabaya menggambarkan kondisi Pulau Jawa di masa depan. Misalnya, bait seperti 'polahe wong Jawa kaya gabah diinteri, endi sing bener endi sing sejati, para tapa padha ora wani, padha wedi ngajarake piwulang adi, salah-salah anemani pati', yang artinya tingkah laku orang Jawa seperti padi ditampi mana yang benar mana yang asli, para guru semua tidak berani takut menyampaikan ajaran yang benar, salah-salah akan menemui ajalnya.

Dikisahkan pula tentang "Misteri Ramalan Jayabaya: Siapa Pemimpin Selanjutnya di Negeri Ini?" Di mana terdapat istilah dalam ramalan Jayabaya yang berbunyi 'banjir bandang ana ngendi-endi, gunung njeblug tan anjarwani tan angimpeni, gethinge kepathi-pati marang pandhita kang oleh pati geni, marga wedi kapiyak wadine sapa sira sing sayekti,' yang berarti akan terjadi banjir besar di mana-mana, gunung meletus tanpa ada isyarat sebelumnya, orang-orang yang senang bertapa tanpa makan dan minum karena takut terbongkar rahasia dirinya yang sebenarnya.

Editor : Ifan Jafar Siddik

Follow Berita iNews Bogor di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut