get app
inews
Aa Read Next : Bagikan Makanan-Minuman di Aksi Bela Palestina, SMURP: Boikot dan Beralih ke Produk Nasional

Anggota MPR: Dukungan Kemerdekaan untuk Palestina Harus Diperjuangkan Lebih Serius

Sabtu, 11 Mei 2024 | 21:49 WIB
header img
Anggota DPR Amin Ak menyerukan agar publik lebih serius mendukung kemerdekaan Palestina dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Balai Desa Tanggul Kulon Kecamatan Tanggul Jember, Sabtu (11/5/2024). Foto: Dok. Amin Ak.

"Oleh karena itu, upaya global dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina sejalan dengan semangat yang dijunjung tinggi dalam konstitusi kita," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Amin juga menekankan pentingnya generasi muda untuk memahami secara mendalam tentang Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 (UUD NRI 1945), Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan semangat Bhinneka Tunggal Ika.

Pemahaman yang komprehensif, akurat, dan mendalam tentang Sejarah, penting dalam menjawab berbagai tantangan, termasuk dalam konteks isu Palestina dan Israel. Terlebih, di era di mana informasi mudah tersebar namun seringkali dipenuhi dengan hoaks dan narasi-narasi yang tidak mengedepankan kebenaran, termasuk dalam konteks sejarah.

Amin menyatakan bahwa hal pertama yang perlu dipahami adalah posisi pembukaan UUD NRI 1945 yang mengandung prinsip-prinsip dasar negara. Hal itu dapat membantu menghindari kebingungan dalam memahami konteks Sejarah, termasuk pembelaan bangsa Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina.

“Pembelaan terhadap Palestina juga termasuk upaya boikot terhadap produk-produk Israel atau produk-produk terafiliasi dengan Israel, serta perusahaan yang mendanai gerakan zionis. Upaya disinformasi oleh pendukung Israel semakin marak, sehingga berdampak mengendurnya gerakan boikot di masyarakat,” bebernya.

Para pendiri bangsa Indonesia memandang pembelaan terhadap Palestina dari penjajahan Israel sebagai implementasi dari prinsip-prinsip yang tertuang dalam pembukaan UUD NRI 1945, bukan hanya pada alinea pertama, tetapi juga pada alinea keempat. 

Editor : Furqon Munawar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut