get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Pranowo dan Gibran Olahraga Bareng di Bogor Sabtu Mendatang

Kisah Sukses UMKM di Bogor, Produk Peci Berhasil Tembus ke Mancanegara

Jum'at, 18 Februari 2022 | 15:50 WIB
header img
Mang Zen, pengrajin peci di Bogor yang berhasil menjual produknya hingga mancanegara. Foto: Wildan

BOGOR – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia terus berkembang, termasuk di wilayah Kabupaten Bogor. Salah satunya, produk peci buatan mang Zen di Desa Citaoen Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

Peci Zen cukup diminati oleh pasar lokal maupun luar negeri. Konsumennya pun dari berbagai kalangan, mulai dari perorangan atau retail , hingga komunitas dan perusahaan.

Hal tersebut tidak lepas dari peran serta masyarakat sekitar dan forum UMKM Kecamatan Ciawi, baik dari sisi bimbingan dan segi managemen perusahaan. Meski peci buatan tangan mang Zen ini diproduksi dengan cara mesin manual, namun untuk kualitas tidak kalah dengan hasil pabrikan karena bahan yang digunakan telah memenuhi standar. 

Menurut Mang Zen sapaan akrab Muhamad Zaenudin, ia tertarik membuat peci karena didasari oleh rasa ketertarikannya dengan budaya dan tradisi nusantara. Peci kerap digunakan saat peringatan hari-hari besar maupun nasional. "Saya bikin peci karena tertarik aja dengan budaya dan khas Indonesia , contohnya presiden pertama RI, kerap mengenakan peci kemanapun ia bepergian,” ujarnya.

Editor : Hilman Hilmansyah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut